Ganjar-Mahfud Dapat Nomor Urut 3, Jangkar Baja Sebut Simbol Konsistensi Pemimpin

Ganjar-Mahfud
Relawan Jaringan Kerja Akar Rumput Bersama Ganjar (Jangkar Baja). (Foto : Istimewa)

Jakarta, Semartara.News — Ganjar-Mahfud yang mendapatkan nomor urut 3 sebagai Capres dan Cawapres pada Pilpres 2024 disambut antusias para relawan, salah satunya Ketua Presidium Nasional Jaringan Kerja Akar Rumput Bersama Ganjar (Jangkar Baja), I Ketut Guna Arta.

Igat, sapaan akrabnya, mengatakan, angka tiga sebagai simbol konsistensi pemimpin.

“Dengan mendapat nomor urut 3 untuk pasangan Mas Ganjar Pranowo dan Prof Mahfud semoga ini menjadi penanda energi positif kemenangan dalam kesatuan pikiran (Manacika), ucapan (Wacika) dan tindakan (Kayika) yang kami kenal sebagai pedoman karakter prilaku, Tri Kaya Parisudha,” ujarnya, Rabu, 15 November 2023.

Igat juga mengamini pidato Ganjar saat pengundian nomor urut tersebut di KPU, Selasa, 14 November 2023, yang menyatakan bahwa demokrasi yang riang gembira bukan hanya sekedar ditunjukkan tapi harus benar-benar dari hati.

Saat itu, Ganjar mengatakan, saat ini demokrasi di Indonesia belum dalam keadaan baik-baik saja. Tapi ia merasa tenang karena yakin ada rakyat Indonesia bersamanya untuk menjaga demokrasi di negeri ini.

“Saya pikir itu sebuah otokritik untuk kita semua melihat fenomena dan fakta-fakta yang terjadi. Ada ketidakadilan, penyanderaan politik, pelanggaran berat etik hakim konstitusi, serta intimidasi yang mana praktek seperti itu membawa kita mengalami kemunduran dalam membangun demokrasi. Praktek seperti itu harusnya telah usang tergantikan oleh peradaban gagasan,” tegas Igat.

“Bahwa kita harus menempatkan makna demokrasi bukan semata untuk meraih kekuasaan. Tapi proses demokrasi itu harus mengedepankan etik, nilai nilai, norma, kepantasan dan undang-undang dalam bernegara,” pungkasnya.(rilis)

Tinggalkan Balasan