Ananta Minta Bank Mandiri Fasilitasi Pelaku UMKM di Tangerang Raya

Anggota DPR RI Komisi VI, Ananta Wahana meminta Bank Mandiri memfasilitasi setiap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tangerang Raya.
Ananta Wahana saat menggelar Pelatihan Analisa Market bagi UMKM bersama Bank Mandiri

Tangerang, Semartara.News – Anggota DPR RI Komisi VI, Ananta Wahana meminta Bank Mandiri memfasilitasi setiap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tangerang Raya.

Hal itu disampaikan Ananta saat menggelar ‘Pelatihan Analisa Market bagi UMKM’ yang disponsori Bank Mandiri.

Menurut Ananta UMKM memiliki peran penting dalam perputaran ekonomi Bangsa Indonesia.

“Kalau UMKM bisa membuat laba rugi, maka Bank Mandiri harus bisa memfasilitasi,” kata Ananta, di Empang Bizarro, Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (9/6/2024).

“Karena Republik Indonesia ini tanpa UMKM macet, ambruk. UMKM lah yang membuat Republik Indonesia ini masih berjalan,” tambah Wakil Rakyat yang fokus terhadap perkembangan UMKM.

Terlebih lagi, lanjut Ananta, pihaknya telah berulang kali melakukan beragam pelatihan seperti pelatihan barista dan rumah makan.

Namun ternyata, tambah Ananta, pelaku UMKM mengeluh terkait akses permodalan dan perbankan.

Anggota DPR RI Komisi VI, Ananta Wahana meminta Bank Mandiri memfasilitasi setiap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tangerang Raya.

“Kami sengaja menghadirkan Bank Mandiri. Ketika, kita melakukan pelatihan-pelatihan ternyata keluhan-keluhan besar itu akses permodalan atau akses perbankan,” ungkapnya.

“Saya berharap kehadiran Bank Mandiri di tengah-tengah kita dapat memberi manfaat,” harapnya.

Menanggapi permasalahan tersebut, Kepala Unit Mikro Bank Mandiri Tangerang Kampung Melayu, Muhammad Syarifudin, pihaknya memiliki beberapa program yang dapat membantu para pelaku UMKM.

Salah satunya, kata Syarifudin, program modal usaha dengan bunga ringan yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“KUR punya limit hingga Rp500 juta, persyaratan dokumennya sederhana, dan proses pengajuannya bisa di setiap Cabang Bank Mandiri,” terang Syarifudin saat menyampaikan materinya.

Selain KUR, sambung Syarifudin, Bank Mandiri punya program Kredit Usaha Mikro (KUM) guna membiayai kebutuhan usaha produktif baik kebutuhan investasi maupun kebutuhan modal kerja.

“Kalau KUR itu, kan, program pemerintah yang dapat diakses oleh UMKM. Nah, kalau KUM itu program asli Bank Mandiri untuk pengusaha mikro. Karena, nggak semua orang dapat mengakses KUR,” jelasnya.

Dengan adanya program-program tersebut, Syarifudin berharap dapat membantu setiap usaha masyarakat semakin maju dan berkembang.

Dalam pantauan, para peserta terlihat antusias memberi pertanyaan kepada para narasumber.

Dan di akhir kegiatan, Ananta memberikan bantuan pangan berupa paket sembako kepada para peserta yang terdiri dari pelaku UMKM. (TIM)

Tinggalkan Balasan