PDI Perjuangan Dorong Penguatan Sinergitas Ekonomi Kerakyatan

SEMARTARA, Jakarta (14/12) – PDI Perjuangan mendorong penguatan ekonomi kerakyatan melalui konsep sinergitas stakeholder pada setiap potensi ekonomi dari hulu sampai ke hilir.

“Melalui sinergitas maka semua potensi ekonomi kerakyatan dapat dilakukan penguatan,” kata Ketua Bidang Buruh, Tani, dan Nelayan DPP PDI Perjuangan, Mindo Sianipar, di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis (14/12).

Menurut Mindo Sianipar, penguatan ekonomi kerakyatan tersebut akan dibicarakan sekaligus melihat modelnya melalui kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tiga Pilar Bidang Ekonomi Kerakyatan, yang akan diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang, Banten, pada 16-17 Desember 2017.

Mindo Sianipar menjelaskan, melalui Rakornas Tiga Pilar Bidang Ekonomi Kerakyatan ini tidak hanya mendengarkan presentasi dari para pembicara yang merupakan ahli dan praktisi, tapi juga melihat model yang telah berjalan.

“Di lokasi Rakernas Tiga Pilar tersebut, juga akan dibuka stan-stan pameran yang memamerkan potensi-potensi ekonomi kerakyatan, mulai dari komoditas pertanian, pengurusan izin, akses permodalan, hingga akses pemasaran dan promosi.

Mindo mencontohkan, konsep sinergitas tersebut adalah mensinergikan stakeholder dalam satu program penguatan ekonomi kerakyatan pada setiap potensi ekonomi, misalnya singkong.

Pada Rakernas Tiga Pilar, kata dia, akan dibuka stand singkong, yang isinya mulai dari petani, koperasi, perajin produk turunan singkong, pemerintah daerah, lembaga finansial yang menjadi akses permodalan, hingga pemasaran.

“Melalui Rakornas tersebut, dapat juga dilakukan kerja sama, misalnya ada daerah yang menjadi sentra singkong dan di sisi lain ada daerah yang kebutuhan singkongnya tinggi tapi tidak memiliki lahan pertanian mencukupi,” katanya.

Materi workshop yang akan disampaikan pada Rakornas tersebut adalah, akses permodalan, promosi dan pemasaran UMKM, pengurusan izin dan hak merek, pengembangan komunitas UMKM, fungsi dan peran lembaga keuangan mikro, e-marketing dan peran lembaga keuangan mikro, inkubator bisnis, penjaminan dan asuransi, serta peran badan usaha milik desa.

Anggota Komisi IV DPR RI ini menjelaskan, Rakornas Tiga Pilar Bidang Ekonomi Kerakyatan ini dijadwalkan akan dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Rakornas ini akan diikuti sekitar 1.400 peserta daeri tiga pilar partai meliputi, para kepala daerah dari PDI Perjuangan, para anggota legislatif dari PDI Perjuangan, maupun struktur partai baik dari tingkat pusat, provinsi, maupun kabupetan dan kota. (Antara)

Baca juga:

  1. Tabrakan Beruntun di Flyover Balaraja, 1 Orang Meninggal Dunia
  2. Rakornas Tiga Pilar PDI Perjuangan: Berdikari untuk Indonesia Raya
  3. Pertimbangan Hakim Gugurkan Praperadilan Setya Novanto

Tinggalkan Balasan