Edukasi Politik, KPU Banten Gelar Stand Up Comedy

SEMARTARA, Serang (13/12) – Berbagai upaya dilakukan KPU Provinsi Banten untuk memberikan edukasi pada pemilih pemula atau kalangan pelajar. Salah satunya melalui lomba stand up comedy tingkat pelajar SMA/SMK se- Banten.

Ketua KPU Banten Agus Supriyatna dalam sambutannya mengatakan, pemilih pemula yang mayoritas pelajar di tingkat SMA/SMK memiliki karakateristik yang berbeda dari pemilih pada umumnya. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah pendekatan yang berbeda agar mereka bisa peduli pada pemilu.

“Pemilih pemula ini variatif, ada yang jenuh, cuek, tidak peduli dengan pemilu. Biasanya sosialisasi itu orasi tapi sekarang kita ingin buat yang berbeda. Makanya kita buat lomba stand up comedy untuk anak sekolah,” kata Agus saat membuka lomba di Aula KPU Banten, Kota Serang, Rabu (13/12).

Dijelaskan Agus, lomba stand up comedy diikuti oleh 15 peserta dari perwakilan masing-masing daerah. Selain menampil peserta lomba, dalam hajatnya itu pula KPU menghadirkan bintang tamu yaitu Komika Reza Pahlevi.

“Selain menggelar lomba, di dalamnya KPU juga menyisipkan materi mengenai kepemiluan sebagai bekal informasi agenda pemilu untuk Pilkada Serentak 2018 dan Pileg juga Pilpres 2019 mendatang. Kalau untuk tema stand up sendiri kami serahkan ke peserta,” jelasnya.

Agus mengungkapkan, pihaknya menyiapkan hadiah menarik bagi pemenang lomba. Ia berharap, melalui lomba tersebut bisa menjadi salah satu solusi meningkatkan tingkat partisipasi pemilih, khususnya bagi pemilih pemula.

“Kami sediakan hadiah untuk pemenang lomba, juara satu Rp5 juta. Kemudian juara 2, 3 sampai harapan juga kami siapkan. Mudah-mudahan bisa meningkatkan partisipasi, di Pilgub 2017, jumlah pemilih pemula se-Banten itu ada sekitar 40 ribu lebih,” ujarnya.

Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Provinsi Banten Enan Nadia mengatakan, setiap warga yang sudah memenuhi syarat menjadi seorang pemilih harus terjamin hak politiknya. Oleh karena itu, KPU secara intensif melakukan sosialisasi melalui berbagai cara.

“Pilkada Serentak akan digelar Rabu, 27 Juni 2018 mendatang. Ada 4 wilayah di Banten yang akan melangsungkan hajat tersebut antara lain Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kabupaten Lebak,” kata Enan. (Soe)

Baca juga:

  1. Rakornas Tiga Pilar PDI Perjuangan Digelar di Tangerang
  2. Pemprov dan Polda Banten Antisipasi Penimbunan Elpiji
  3. Melalui Bela Negara, Wali Kota Tangerang Minta Pegawai THL Lebih Profesional Layani Masyarakat

Tinggalkan Balasan