Berita  

Kesenian Jawa Angklung dan Tarian Gatotkoco Sambut Ananta dari Senayan

Para seniman Angklung Banymasan yang menghibur warga dan simpatisan Ananta Waha yang dilantik sebagai Anggota DPR RI Periode 2019-2024. (Widi Hatmoko)

SEMARTARA – Di Kompleks Permahan Kelapadua, Kabupaten Tangerang, berbeda dengan hari biasanya. Puluhan karangan bunga berjejer di Jalan Layar Raya sejak Senin 30 September 2019 malam. Beberapa orang juga terlihat sibuk keluar masuk halaman rumah Nomor 31. Selepas Dzhuhur, Selasa 1 Oktobr 2019, alunan musik tradisional Angklung Banyumasan pun mulai terdengar dari rumah tersebut. Tembang-tembang campursari: Pamer Bojo, Bojo Galak, dan Suket teki, dilantunkan para seniwati yang menghibur para warga dan simpatisan yang datang.

“Hari ini, agendanya Open House, menyambut kedatangan Pak Ananta Wahana setelah dilantik sebagai Anggota DPR RI,” ujar Ko De Tomy, salah seorang tim Ananta Wahana, sekaligus panitia kegiatan tersebut.

Ia juga mengungkapkan, kesenian Angklung Banyumasan ini adalah sumbangan dari para simpatisan Ananta Wahana, untuk menghibur warga dan simpatisan yang datang mengucapkan selamat. Sedangkan karangan bunga berdatangan dari para tokoh, ketua dan pimpinan DPRD se-Tangerang Raya, Wakil Bupati Tangerang serta kolega.

“Kalau karangan bunga sudah berdatangan dari semalam,” katanya.

Selain kesenian Angklung Banyumasan, prosesi penyambutan Ananta Wahana juga akan dilakukan ritual adat Jawa. Dalam hal ini, seniman wayang orang Bambang Siswoyo akan membawakan tari Gatotkoco-Pergiwo.

Suroto, tokoh masyarakat Kota Tangerang yang menyumbangkan kesenian Angklung Banyumasan ini mengaku, selain memberikan hiburan, ia juga ingin mengenalkan para seniman urban yang menggantungkan hidupnya di Tangerang. Ia berharap, dengan tampilnya Angklung banyumasan ini, masyarakat menjadi tahu, dan bisa menanggapnya di setiap hajatan ataupun acara-acara lainnya.

“Kami ingin mengenalkan seni Angklung Banyumasan ini sebagai salah satu keberagaman tradisional yang harus kita lestarikan,” katanya.

Semantara, Ito Prajna Nugroho, salah seorang Tim Ananta yang ikut mengawal ke Senayan menjelaskan, usai dilantik, Ananta bersama dengan ratusan anggota DPR RI lainnya langsung mengikuti Sidang Paripurna untuk menentukan Ketua DPR RI sementara.

Tinggalkan Balasan