Enam Bahan Makanan Berkalsium Bagi Wanita Hamil

Enam Bahan Makanan Berkalsium Bagi Wanita Hamil
Wanita hamil berdiri di dekat jendela melihat foto. (Freepik)

Jakarta, Semartara.NewsEnam bahan makanan sehat untuk mencukupi kebutuhan kalsium wanita hamil. 

Masa kehamilan merupakan fase penting bagi seorang perempuan. Agar tetap sehat secara fisik dan mental, banyak hal yang menjadi perhatian bagi calon ibu mulai dari  gaya hidup sehat, kebiasaan tidur, olahraga teratur sesuai dengan petunjuk dokter kandungan dan juga pemenuhan kebutuhan gizi. 

Salah satu nutrisi yang tidak boleh luput dari perhatian adalah kalsium. Kebutuhan kalsium wanita hamil setiap harinya adalah 1000 mg atau bahkan lebih jika usia calon ibu saat mengandung berusia di bawah 20 tahun.

Kebutuhan kalsium tersebut setiap harinya adalah angka yang besar. Itulah sebabnya diperlukan suplemen kalsium wanita hamil yang mampu membantu mencukupi kebutuhan tersebut. Di samping itu, makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga harus kaya akan mineral ini agar calon ibu tidak sampai mengalami berbagai gangguan kesehatan akibat defisiensi kalsium, misalnya: 

– Anemia

– Tekanan darah tinggi

– Sering kesemutan

– Hilang nafsu makan

– Kerapuhan tulang

Kekurangan kalsium ternyata cukup berbahaya untuk perkembangan janin yang dikandung. Seperti yang diketahui, calon bayi akan menyerap nutrisi dari apapun yang dimakan oleh ibunya. Ketika sang calon ibu tidak bisa mencukupi kebutuhan mineral ini maka ada kemungkinan si Kecil mengalami berbagai masalah kesehatan:

– Lahir prematur

– Gangguan pertumbuhan gigi dan tulang

– Bayi lahir dengan berat badan kurang

– Masalah perkembangan jantung

– Cacat saraf

Dengan resiko sebesar ini akan lebih bijak jika sejak awal kehamilan calon ibu lebih memperhatikan pemenuhan kebutuhan kalsium tersebut setiap harinya. Untuk itu, pastikan berbagai makanan sumber kalsium ibu hamil di bawah ini selalu masuk dalam menu harian yang disantap.

Makanan Sumber Kalsium Bagi Wanita Hamil

Bukan hanya dibutuhkan oleh wanita hamil, kalsium juga memiliki peran vital dalam perkembangan janin dalam rahim, khususnya pertumbuhan tulang, gigi, saraf, otot dan juga organ penting seperti jantung janin. Itulah sebabnya, Calon ibu memenuhi kebutuhan kalsium bagi janin, yaitu 1000 mg atau 1300 mg jika saat mengandung berusia di bawah 20 tahun. 

Mengutip Antaranews, Berikut ini adalah daftar sumber makanan kaya kalsium untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

  1. Susu dan produk olahannya

Susu mungkin merupakan sumber kalsium yang paling banyak dikonsumsi. Selain mudah disajikan, sumber makanan ini juga gampang diolah menjadi produk lain yang memiliki citarasa istimewa tanpa mengurangi kandungan kalsium di dalamnya. 

Jika dalam masa kehamilan, Anda sebaiknya memilih susu khusus ibu hamil yang sudah dilengkapi dengan nutrisi lainnya seperti folat, zat besi, vitamin dan mineral lainnya.

Jika ibu hamil merasa mual dan tidak tahan dengan susu karena kehamilan yang dijalani, jangan patah arang dulu. Pasalnya, produk olahan susu seperti keju dan yoghurt juga bisa menjadi alternatif.

Namun, pastikan produk tersebut tidak menimbulkan gangguan kesehatan ketika dikonsumsi secara teratur. Konsultasikan kepada dokter kandungan untuk memastikan produk olahan susu yang dipilih aman buat calon ibu dan janinnya.

Tinggalkan Balasan