Tekan Rentenir, Panguyuban Dapil Lima Kota Tangerang Bentuk Koperasi MSP Berbasis Gotong Royong

SEMARTARA Tangerang (7/1) – Paguyuban Dapil Lima Kota Tangerang membentuk Koperasi Mitra Sarana Paguyuban (MSP) Dapil Lima. Hal ini dilakukan untuk menekan rentenir dan menggerakan ekonomi kerakyatan berbasis gotong royong..

Yeremia Mendrofa, Anggota DPRD Provinsi Banten dan juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, mengatakan, pembentukan koperasi tersebut merupakan tindak lanjut hasil dari Rakornas 3 Pilar partai beberapa waktu lalu yang salah satu rekomendasi yaitu membentuk koperasi Kader PDI Perjuangan diseluruh daerah.

“Nah pada hari ini kami membentuk secara nyata koperasi tersebut. Sehingga nantinya menjadi percontohan bagi wilayah lainya,” kata Yeremie Mandrofa kepada semartara, Minggu (7/1).

Pria yang juga sebagai Dosen di Kampus Insan Pembangunan Tangerang ini, menambahkan, awal pembentukan koperasi ini karena banyak anggota paguyuban yang mayoritas kader partai sering terjerat hutang oleh rentenir.

“Sehingga saya berinisiatif mengajak paguyuban untuk membentuk koperasi agar dapat menekan hal tersebut sekaligus untuk menggerak perekonomian masyarakat berbasis gotong royong dan kekeluargaan,” katanya.

Parjiman, Katua Paguyuban Dapil Lima Kota Tangerang bersama Surani, mengatakan, pagayuban ini sudah berusia tiga tahun. Mereka berharap, dengan diresmikannya koperasi tersebut dapat menjadi wadah silurahmi dan gotong royong saling bantu membantu memajukan ekonomi anggota .

“Sehingga akhirnya dapat menciptakan kekompakan diantara para anggota panguyuban Dapil Lima kedepannya dan kesejahteraannya meningkat” katanya.

Parjiman menambahkan, paguyuban yang dirinya pimpin hingga saat ini memiliki anggota sebanyak 77 Keluarga.

“Kami berharap dengan adanya koperasi ini dapat menjadi wadah untuk mensejahterakan anggota kami,” pungkasnya.

Ananta Wahana, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten mengapresiasi pembentukan Koperasi Paguyuban (MSP) Dapil Lima Kota Tangerang, menurutnya koperasi ini diharapkan menjadi pionir bagi wilayah lainya.

“Nanti kami dari DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten juga berharap dapat belajar dari pengurus Paguyuban Dapil Lima, sehingga dapat membuat koperasi-koperasi diwilayah lainnya,” katanya.

Ananta melanjutkan, pembentukam koperasi ini diharapkan dapat menjadi tempat berkomunikasi yang baik bagi para anggotanya.

“Tentunya saya mengucapkan selamat atas terbentuknya koperasi ini. Semoga tempat-tempat lain dapat segera menyusul untuk membentuk hal yang serupa,” pungkasnya. (Sayuti)

Tinggalkan Balasan