Penyerapan Aspirasi Masyarakat MPR RI: Ananta Beri Pendidikan Politik

Penyerapan Aspirasi Masyarakat MPR RI
Ananta Wahana pada forum Penyerapan Aspirasi Masyarakat (Asmas) MPR RI dengan tema 'Sistim Demokrasi Pancasila' di Posko Kemenangan PDI Perjuangan, Periuk, Kota Tangerang, Banten, Jumat (3/11/2023).

Tangerang, Semartara.News — Anggota MPR RI Dapil Banten, Ananta Wahana memberikan pendidikan politik kepada kader PDI Perjuangan.

Ananta menjelaskan bahwa sistim demokrasi Pancasila merupakan sebuah konsep demokrasi yang merujuk pada sistem politik Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Dalam konsep itu, lanjut Ananta, kedaulatan rakyat adalah prinsip utama yang dijungjung tinggi. Artinya, kekuasaan politik berada di tangan rakyat.

Ananta menyampaikan hal itu pada forum Penyerapan Aspirasi Masyarakat (Asmas) MPR RI dengan tema ‘Sistim Demokrasi Pancasila’ di Posko Kemenangan PDI Perjuangan, Periuk, Kota Tangerang, Banten, Jumat (3/11/2023).

“Jadi dalam Pemilu, rakyat memiliki hak seutuhnya tanpa tekanan untuk memilih pemimpin dan perwakilannya,” ujar Ananta.

ananta wahana
Forum Penyerapan Aspirasi Masyarakat (Asmas) MPR RI dengan tema ‘Sistim Demokrasi Pancasila’ di Posko Kemenangan PDI Perjuangan, Periuk, Kota Tangerang.

Harus Mengenal Calon Pemimpin

Karena itu, Ananta mengatakan masyarakat harus mengenal calon pemimpin dan perwakilannya. Jangan sampai, anatara pemilih dan yang dipilih seperti menara gading.

“Maka saya pesan. Pilihlah yang baik, yang mau menemui masyarakat dan peduli atas permasalahan lingkungan,” ucap politisi senior Banten dari PDI Perjuangan.

Menurut Ananta, salah satu ciri sistim demokrasi Pancasila adalah gotong-royong. Di mana, masyarakat Indonesia didorong untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

Misalnya, kata Ananta, sikap solidaritas dan persatuan dalam pembangunan dan menjaga keharmonisan sosial.

“Kalau saya semenjak menjadi wakil rakyat memiliki tagline ‘Holopis Kuntul Baris. Kita Pancasila,” imbuhnya.

Dalam sosialisasi itu, Ananta didampingi oleh Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang, Sumarti.

Pada akhir kegiatan, Ananta memberikan bantuan pangan berupa paket sermbako kepada para peserta. (TIM)

Tinggalkan Balasan