Lolos Verfak Gerindra Kota Tangerang Siap Melenggang ke Pemilu 2019

SEMARTARA, Kota Tangerang (30/1) – Tim II Verifikasi Faktual (Verfak) Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, menyambangi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Tangerang, Selasa (30/1).

Bertempat di Kantor DPC Gerindra Kota Tangerang, Jalan Benteng Betawi, Cipondoh, Kota Tangerang, hasil verfak parpol tersebut berjalan lancar.

Diketahui sebelumnya, verfak parpol akan berlangsung selama tiga hari oleh KPU Kota Tangerang, mulai Selasa (30/1) hingga Kamis (1/2). Jadwal tersebut sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019, serta nomor 6 tahun 2018 tentang verifikasi dan penetapan parpol.

“Kami lakukan verifikasi faktual ke setiap parpol selama 3 hari, dimulai pada hari ini,” ungkap Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang, didampingi timnya.

Kata dia, pihaknya juga akan melakukan verfak terhadap 15 parpol calon peserta Pemilu tahun 2019. Parpol tersebut diantaranya Hanura, Gerindra, PKB, PDIP, PKS, Demokrat, Golkar, PKPI, PPP, Nasdem, PSI, PAN, Berkarya, Garuda dan PBB.

Sementara Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tangerang, Pontjo Prayogo menjelaskan, verifikasi tersebut berjalan lancar, susunan pengurus dinyatakan memenuhi syarat.

“Keterwakilan perempuan 30 persen, dan kami menghadirkan 42 persen, jadi memenuhi syarat. Domisili kantor juga memenuhi syarat,” kata Pontjo.

Lanjut dia, syarat minimal keanggotaan pun juga memenuhi syarat. Dari yang diwajibkan sebanyak 64 keanggotaan, pihaknya menghadirkan 91 orang keanggotaan dari keterwakilan di 13 kecamatan.

Terkait langkah kedepan pasca verfak dalam menghadapi Pemilu 2019, kata Pontjo, Gerindra Kota Tangerang terus bergerak merapihkan pengurus seluruh tingkatan hingga anak ranting, bahkan kerap turun kebawah membantu masyarakat dengan program Gerindra Menyapa.

“Sekarang sudah memasuki tahun politik, program partai Gerindra kepada masyarakat dengan tujuan memenangkan Pak Prabowo Subianto menjadi presiden dan memenangkan Partai Gerindra di 2019,” jelasnya.

Gerindra menyapa adalah, lanjut Pontjo, dimana para pengurus dan kader turun menyapa masyarakat untuk menjaring aspirasi dan keluhan serta harapan masyarakat di bawah.

“Serta mensosialisasikan program Partai Gerindra sambil memperkuat struktur partai dan kader di tingkat bawah,” urai Pontjo, yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang.

Sementara Wakil Ketua DPC Gerindra Kota Tangerang, Turidi Susanto menerangkan bahwa pihaknya menerima instruksi dari pusat untuk mengawal proses verifikasi sejak awal sampai akhir, sehingga mencapai legitimasi dan memperoleh nilai plus di Banten.

“Insya Allah kita menargetkan minimal 10 kursi,” kata Turidi, disela acara.

Lanjut dia, pada Februari ini dirinya ditunjuk sebagai penanggung jawab pembentukan anak ranting tingkat RW untuk mengawal saksi-saksi yang mumpuni.

“Target kita di Pemilu 2019 yakni untuk DPRD Provinsi dari Dapil A dan B menjadi tiga kursi dan untuk DPR RI Tangerang Raya raih dua kursi,” pungkasnya. (Helmi)

Tinggalkan Balasan