Hari Lahir Pancasila Momentum Persatuan Bangsa

SEMARTARA, Kota Tangerang – Hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni harus menjadi momentum persatuan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, Jumat (2/6).

Merefleksikan kegiatan perayaan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 ini, berlokasi di salah satu warung makan di daerah Raya Prabu Kian Santang Cibodas Kota Tangerang, timses H. Zaini menggelar diskusi dan buka bersama dengan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten Ananta Wahana. Dalam kegiatan ini, Ananta membagikan Buku Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 tentang Lahirnya Pancasila.

Ananta juga mengatakan bahwa Bung Karno saat berpidato tentang Pancasila di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945 menawarkan 5 dasar untuk membangun di atasnya Indonesia Merdeka, dengan harapan hendak mendirikan suatu negara ‘semua buat semua’. Jadi tekad, semangat hati kebersamaan menjadi kunci keberhasilan mempertahankan dan membangun bangsa dan negara gotong royong yang dicita-citakan.

“Sebab bangsa itu seperti layaknya rumah tangga. Senang, Bahagia atau Tenteram dsb-nya itu ditentukan pada Niat hatinya. Kalau suami istri bertengkat terus menerus maka rumah tangga itu akan bercerai alias bubar. Maka, tidak ada lain kecuali kebersamaan, persatuan dan gotong royong. Itulah yang kita butuhkan sebagai modal dasar untuk membangun apa saja, tak terkecuali tentunya Bangsa Indonesia cintai ini,” kata Ananta Wahana.

Untuk itu, kata Ananta, sikap kita sebagai anak bangsa ini harus belajar dan bisa meniru atau mencontoh bapak/ibu pendiri bangsa saat ingin membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai dan banggakan ini. Mengedepankan kepentingan bangsa di atas segalanya dalam berpolitik dan berpemerintahan.

“Jangan sampai energi kita habis justru dengan berpolemik, memfitnah dan bertengkar sesama anak bangsa. Namun, tidak menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa untuk mencapai kesejahteran rakyat,” tandasnya.

Ananta menambahkan, dirinya merasa bahagia karena peringatan hari lahir Pancasila tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadhan. Sehingga dapat dirayakan dengan acara buka puasa bersama.

“Sehingga perayaan hari lahir pancasila memiliki makna spritual dan persatuan antara umat beragama dalam membangun bangsa Indonesia,” ucapnya.

Sementara, Zaini BaCaleg DPRD Kota Tangerang Dapil B mengatakan bahwa momentum buka puasa ini bertujuan untuk saling mengenal dan berkomunikasi antara para kader PDI Perjuangan.

“Sehingga dengan kegiatan ini terjadi kesolidan antar kader partai dalam memenangkan Pileg dan Pilpres 2019 nanti,” pungkasnya. (Tim Redaksi)

Tinggalkan Balasan