Berita  

Bank Mandiri dan UMKM Jadi Mitra Saling Menguntungkan

Bank Mandiri dan UMKM Jadi Mitra Saling Menguntungkan
Bank Mandiri dan UMKM Jadi Mitra Saling Menguntungkan

Tangerang, Semartara.News – Bank Mandiri dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tangerang bisa menjadi mitra yang saling menguntungkan dalam berbisnis.

Hal tersebut disampaikan Harry Muhardi Putranto, perwakilan Bank Mandiri dalam kegiatan Pelatihan Public Speaking dan Negosiasi Bisnis bagi UMKM di Aula Trisakti Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Jumat (14/06/2024).

Harry Muhardi Putranto, mengatakan pihaknya berharap kegiatan Pelatihan Public Speaking dan Negosiasi Bisnis bagi UMKM dapat menginspirasi para pelaku UMKM untuk menjalin kerja sama dengan pihaknya. Ia mengaku telah mempersiapkan berbagai program permodalan yang menarik bagi para pelaku usaha.

“Kami mempersiapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Usaha Mandiri (KUM) dengan bunga yang ringan dan dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan permodalan mereka,” katanya.

Harry melanjutkan bahwa pihaknya juga mempersiapkan program mitra bagi pelaku usaha yang ingin bergabung sebagai Agen Mandiri. Program ini menawarkan keuntungan tambahan.

“Melalui Agen Bank Mandiri, para pelaku UMKM yang bergabung nantinya dapat menerima fee dari setiap transaksi yang cukup lumayan,” ungkapnya.

Harry menambahkan bahwa ia berterima kasih kepada panitia dan peserta yang meluangkan waktu liburnya untuk datang pada pelatihan yang didukung oleh Bank Mandiri tersebut.

“Semoga para peserta, para pelaku UMKM, pulang membawa ilmu yang bermanfaat untuk meningkatkan usaha mereka ke depannya,” pungkasnya.

Senada, Ananta Wahana, anggota Komisi 6 DPR RI, mengajak para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tangerang untuk gigih mengejar peluang yang diberikan oleh pemerintah, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR). Banyak pelaku usaha tidak dapat memanfaatkan hal tersebut karena kurangnya persyaratan yang dibutuhkan.

“Ketika mengalami hal tersebut, saya berharap para pelaku usaha dapat dengan gigih melengkapi kekurangan tersebut dan tidak mudah menyerah, sehingga semua kebijakan tersebut dapat dinikmati,” ungkapnya.

Ananta menambahkan bahwa Bank Dunia mencatat terdapat sekitar 65 juta pelaku UMKM yang belum mengakses perbankan. Terlebih lagi, UMKM memiliki peran penting dalam perputaran ekonomi bangsa Indonesia.

“Republik ini tanpa UMKM akan macet, ambruk. UMKM lah yang membuat republik ini masih berjalan,” terang Ananta, wakil rakyat yang fokus pada kesejahteraan UMKM.

Karena itu, Ananta berharap kehadiran Bank Mandiri di tengah-tengah pelaku UMKM dapat memberikan manfaat. (Sayuti)

Tinggalkan Balasan