Berita  

LPP Pamer Produk UKM di HUT Tangsel

Tas karya warga binaan LPP Klas 2 A Tangerang mejeng di Expo Gebyar Pelangi Nusantara. (istimewa)

SEMARTARA – Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Klas 2 A Tangerang memamerkan sejumlah produk UKM di Mal WTC Serpong. Pameran dalam rangka memperingati HUT Kota Tangerang Selatan ke -11 itu diikuti LPP selama dua hari.

Tas denim, tas sulam pita, hingga tas batik menarik perhatian sejumlah pengunjung Expo Gebyar Pelangi Nusantara. Siapa menyangka tas-tas beragam motif itu merupakan karya warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Seperti ditegaskan Kepala LPP Herlin Candrawati melalui Pelaksana tugas Kasie Kegiatan Kerja LPP Indri Yudhit, warga binaan tak sekedar menjalani masa hukuman di Lapas, namun mereka juga dibekali keterampilan.

“Keikutsertaan kita di pameran ini sebagai bukti juga kalau warga binaan ini bisa berkarya, bukan jadi hambatan mereka di penjara,” katanya Minggu (17/11/2019).

PAMER PRODUK: Kepala LPP Klas 2 A Tangerang Herlin Candrawati bersama jajarannya di stan Expo Gebyar Pelangi Nusantara, beberapa waktu lalu. Keikutsertaan pameran disebut sebagai kampanye penggunaan produk lokal. (istimewa)

Selain tas, stan LPP juga memamerkan kerudung lukis, keset serta 15 jenis produk lainnya. Kata Indri, produk karya WBP ini memang langganan mejeng di sejumlah pameran. Kali terakhir, produk-produk itu dipamerkan di pameran internasional di ICE BSD, Tangerang.

“Kita sebelumnya juga sering ikut pameran-pameran. Yang kali ini kebetulan 2 hari kita ikutin,” tambahnya.

Selain sebagai bukti pembinaan, keikutsertaan dalam pameran juga disebut sebagai upaya memajukan produk dalam negeri. Tidak heran LPP gencar memamerkan dan memasarkan produk UKM tersebut.

“Produk-produk kami sudah dipasarkan ke seluruh Indonesia. Pernah juga dipesan ke Bangkok dan USA untuk produk tas jeans sulam pita,” tukasnya.

Kampanye produk lokal oleh LPP ini, kata Indri, bekerja sama dengan sejumlah pihak pemerintah maupun swasta. Ia berharap banyak pihak yang akan bekerjasama dengan LPP demi memajukan produk dalam negeri.

Tinggalkan Balasan