Berita  

Ratusan Anggota Ormas PP Diberi Asuransi Kecelakaan

SEMARTARA, Kota Tangerang – Sejumlah anggota Pemuda Pancasila (PP) Pengurus Anak Cabang (PAC) Periuk diberi asuransi kecelakaan, beberapa waktu lalu. Mereka didaftarkan secara berjamaah di asuransi swasta anak perusahaan BUMN, PT Binagriya General Insurance.

Program jaminan kecelakaan itu digadang-gadang bakal menjadi percontohan jaminan sosial bagi masyarakat. Jalanan jadi momok tersendiri bagi masyarakat sebagai pengguna jalan. Resiko kecelakaan dapat menimpa siapa pun tanpa diduga. Kekhawatiran akan hal tersebut dapat diantisipasi atau setidaknya diringankan dengan asuransi.

Demikian disampaikan Darussalam, Ketua PP PAC Periuk, di kediamannya Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Dirinya menyadari dengan mengasuransikan sejumlah anggotanya guna menghindari beban biaya berlebih dalam perawatan kecelakaan.

“Resiko kecelakaan di jalanan seringkali terabaikan. Padahal, ada cara mudah untuk meminimalisir dampak kecelakaan, yaitu dengan asuransi,” kata Tono, sapaan akrab Darussalam, Kamis (26/4).

Ide mengasuransikan anggota PP ini, lanjut Tono, bermula ketika insiden yang dialami salah satu anggotanya beberapa waktu lalu. Penanggulangan atas insiden itu kurang tertangani dengan baik lantaran biaya. Dengan demikian dirinya terdorong untuk melakukan hal tersebut, sebagai upaya meringankan beban anggotanya.

“Ketika ada program ini menjadi sebuah contoh dan panutan bagi anggota. Program ini sudah dicanangkan sekitar 3 bulan yang lalu, tidak ada dari instruksi khusus dari MPC Kota maupun Provinsi. Ini ide sendiri dari Ketua PAC Kecamatan Periuk karena pernah ada insiden sebelumnya,” ujarnya.

Dilanjutkan dia, asuransi ini menutup biaya perawatan atas insiden kecelakaan. Namun tidak hanya kecelakaan di jalan raya, asuransi juga membackup biaya perawatan untuk kecelakaan selain di jalan.

“Ada tiga hal yang ditalangi asuransi ini yaitu biaya perawatan, kematian disebabkan kecelakaan, serta cacat permanen,” tuturnya.

“Saya sendiri yang backup asuransi untuk prioritasnya anggota PP dan masyarakat. Saat ini sudah 700 yang saya asuransikan, target 7000 orang. Ini program asuransi kecelakaan, artinya hanya berlaku untuk insiden kecelakaan saja dari asuransinya. Bentuknya penggantian dana,” imbuhnya.

Konsultan Resiko Asuransi PT Binagriya, Linda Permatasari menerangkan, asuransi sangat menolong pemiliknya saat terhimpit kondisi sulit. Pemilik asuransi, menurutnya tak perlu lagi memikirkan biaya perawatan akibat kecelakaan yang dialaminya. Hal tersebut, dinilai Linda, akan membantu menjaga kondisi mental serta fisik seseorang.

“Jadi kita tidak perlu memikirkan biaya lagi. Makanya masyarakat jangan menganggap remeh asuransi, kita berusaha melayani apabila ada kejadian dan mengcover mereka,” tandas Linda. (Helmi)

Tinggalkan Balasan