Berita  

Idul Fitri 2023, tarif tol turun 20%

Idul Fitri 2023, tarif tol turun 20%
(Dok Antaranews)

Jakarta, Semartara.News Menjelang lebaran idul fitri 2023 ini, semua orang berbondong-bondong untuk mudik ke kampung halaman. Setelah pandemi covid-19 usai, penerbangan hingga perjalanan darat tidak lagi dibatasi.

Dan yang paling membahagiakan adalah menjelang mudik pemerintah memberikan diskon khusus pada setiap pengiriman dengan kebijakan bebas ongkir dan potongan sebesar 20% pada tarif tol. 

Mengutip Antaranews, pada hari biasa tarif tol adalah sebesar Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000 dan menjelang lebaran tarif tol akan dipotong hingga 20%.

Dimana saja Tarif Tol Diskon 20% Saat Mudik?

  1. Tol Jakarta – Cikampek

Tarif tol diskon 20% saat mudik yang pertama adalah jalur tol Jakarta – cikampek. Diskon ini hanya berlaku pada gerbang tol cikampek utama jalan tol Jakarta menuju tol cikampek dari arah atau menuju Trans Jawa.

Sementara itu, tol Jakarta – cikampek sering dilalui oleh pengendara menuju Cawang, Jakarta Timur hingga Cikopo, Purwakarta.

  1. Tol Kalihurip – Cipularang

Selain itu, pemberlakuan diskon 20% juga diterapkan pada gerbang tol Kalihurip – Cipularang. Potongan harga akan dikenakan pada gerbang tol kalihurip utama jalan tol cipularang menuju dan dari arah Bandung.

Potongan harga ini akan diberlakukan mulai H-3 lebaran atau pada tanggal 19 April 2023 dan berakhir sekitar H+2 lebaran atau sekitar tanggal 25 April 2023.

Namun, untuk gerbang tol Jakarta – cikampek diberlakukan sejak tanggal 16 april 2023 hingga 29 april 2023. 

Berapa besaran potongan tarif tol?

Setelah mengetahui kapan dan dimana tarif tol diskon 20% untuk mudik diberlakukan, kami juga akan menginformasikan berapa besaran potongan tarif tol setelah dipotong sebesar 20%.

  1. Untuk kendaraan golongan I, tarif tol normalnya adalah Rp. 20.000 lalu akan dipotong hingga Rp. 16.000 dengan diskon sebesar Rp. 4.000.
  2. Untuk kendaraan golongan II dan III, tarif tol normalnya adalah sebesar Rp. 30.000. Tarif tersebut akan dipotong sebesar Rp. 6.000, jadi Anda hanya akan membayar sebesar Rp. 24.000.
  3. Untuk kendaraan golongan IV dan V, tarif tol normalnya adalah sebesar Rp. 40.000. Setelah dipotong sebesar Rp. 8.000, Anda akan membayar sebesar Rp. 32.000 selama periode mudik. 

Tips dan Trik Mudik Aman

Selain tarif tol, Anda juga perlu memastikan banyak hal sebelum mudik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, pastikan agar memperhatikan tips dan trik mudik aman di bawah ini.

  1. Memastikan rumah terkunci

Periksa atau double check pintu rumah dan beberapa ruangan di rumah. Pastikan semuanya terkunci dan Anda membawa kunci cadangan selama mudik.

  1. Membawa barang secukupnya

Selama mudik, baik itu menggunakan jalur darat, lautt ataupun udara – ada baiknya Anda membawa barang secukupnya.

Selain demi kenyamanan Anda selama perjalanan, beberapa kendaraan seperti kapal dan pesawat menerapkan kapasitas maksimal bagasi. Laju kendaraan pun akan sangat dipengaruhi oleh beban dari barang bawaan.

  1. Cek kondisi kendaraan

Pastikan kondisi motor atau mobil Anda dalam keadaan fit. Ini akan mencegah terjadinya kecelakaan, mogok di tengah jalan, dan sebagainya.

  1. Ketahui rute perjalanan

Rute perjalanan sangat penting terutama jika Anda menggunakan jalur darat. Jadi, Anda tidak akan tersesat atau salah masuk gerbang tol. (Sayuti)

Tinggalkan Balasan