Berita  

Krakatau Jasa Logistik Dipercaya Kelola Penyimpanan Produk Jadi Krakatau Steel

Krakatau Jasa Logistik Dipercaya Kelola Penyimpanan Produk Jadi Krakatau Steel
Krakatau Jasa Logistik Dipercaya Kelola Penyimpanan Produk Jadi Krakatau Steel. (Antara)

Cilegon, Semartara.News Anak usaha PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), yaitu PT Krakatau Jasa Logistik (KJL), telah dipercaya untuk mengelola kegiatan pergudangan produk jadi milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KS) dengan memanfaatkan produk Warehouse Management System (WMS).

Menurut Asisten Direktur Operasi KJL, Dicky Rizki Noverdhi, dengan peningkatan produksi KS, volume pengiriman barang ke konsumen juga meningkat. Oleh karena itu, diperlukan sistem pergudangan yang terdigitalisasi untuk mendukung kinerja pengiriman barang yang dapat mengimbangi peningkatan produksi.

“Hal tersebut perlu dukungan sistem pergudangan yang terdigitalisasi agar kinerja pengiriman barang juga dapat mengimbangi peningkatan produksi,” ujarnya dikutip dari Antaranews.

Manfaat dari digitalisasi WMS antara lain adalah data yang lebih akurat, menghindari barang hilang, kecepatan picking order, meningkatkan kapasitas volume pengiriman barang, dan mendukung manajemen memberikan informasi secara cepat dan akurat untuk pengambilan keputusan.

WMS merupakan salah satu fitur dari KILOGS (Krakatau Integrated Logistic Solution), sebuah aplikasi digitalisasi logistik yang sedang dikembangkan KJL untuk menjawab kebutuhan pelanggan terhadap kecepatan informasi dan kebutuhan data untuk peningkatan kinerja. 

“Selain WMS, KILOGS juga memiliki fitur lainnya seperti VMS (Vendor Management System), TMS (Transport Management System) dan SCF (Supply Chain Financial),” paparnya.

Produk jadi KS dikirimkan dalam dua area, yaitu area domestik dan ekspor. Area domestik antara lain mencakup Jabotabek, Jabar, Jateng, Jatim, dan antarpulau seperti Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Sementara itu, ekspor dilakukan ke beberapa negara Asia, Timur Tengah, Australia, dan Eropa.

KILOGS

PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) telah mengembangkan platform digital marketplace untuk sektor logistik dan transportasi bernama Krakatau Integrated Logistic Solution (KILOGS). Platform ini diyakini dapat membantu menekan biaya logistik yang tinggi secara nasional.

Dalam upaya meningkatkan kinerja sektor logistik dan transportasi yang handal, KBS Group memperkenalkan produk dan layanan distribusi berbasis teknologi. KILOGS hadir untuk memenuhi kebutuhan layanan digitalisasi logistik, memungkinkan perusahaan untuk tumbuh dan berkembang dengan dipercaya.

Beberapa fitur layanan KILOGS termasuk Transport Management System (TMS), Warehouse Management System (WMS), Vendor Management System (VMS), dan Supply Chain Financing (SCF). Diharapkan layanan ini dapat mengintegrasikan informasi pada rantai distribusi logistik.

Tinggalkan Balasan