Berita  

Hapus Denda PBB, Bapenda Kabupaten Tangerang Luncurkan April Hoki

April Hoki
Kabid PBB dan BPHTB pada Bapenda Kabupaten Tangerang, Chandra Budiman

Kabupaten Tangerang, Semartara.News – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang meluncurkan program April Hoki untuk memberikan insentif selama bulan April tahun 2022.

Hal ini sejalan dengan arahan Bupati Tangerang dan Wakil Bupati Tangerang, Sekretaris Daerah dan Kepala Badan Pendapatan Daerah. Dengan demikian, Pemkab akan menghapuskan sanksi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk seluruh periode keuangan mulai tahun 2021.

Selain itu, pihaknya juga akan menerbitkan pembebasan pajak PBB buku ke 1 atau kewajiban PBB di bawah Rp100.000

“Pemkab Tangerang akan menerbitkan 127.000 Nomor Objek Pajak (NOP) di buku golongan 1. Namun ini khusus untuk NOP yang sudah teridentifikasi dan aktif per akhir Maret  2022,” kata pihak Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Peroleh Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) pada Bapenda Kabupaten Tangerang, Dwi Chandra Budiman.

Dwi menambahkan untuk BPHTB. Berdasarkan input SSPD per satu April hingga sampai akhir April akan mendapatkan diskon secara otomatis by sistem sebesar 5 persen.

“Wajib pajak PBB dan BPHTB, saya menghimbau bagi wajib pajak yang belum bayar. Inilah kesempatan untuk membayar pajak sebagaimana mestinya. Karena dari pajak nanti teralokasi untuk pembangunan, pemberdayaan dan pelayanan di Kabupaten Tangerang yang kita cintai ini,” ujar Dwi.

Target Tercapai

Dia menjelaskan, pada triwulan I Januari-Maret, pembayaran PBB dan BPHTB kepada Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah melebihi target.

Saat ini pembayaran PBB kuartal I mencapai Rp 42 miliar, sedangkan besaran denda sebesar Rp 42 miliar.

Sedangkan target keseluruhan dalam skala global adalah Rp 490 miliar. Terkait BPHTB pada triwulan I, tercapai Rp 190 miliar dari target di Anggaran Pendapatan dan Bantuan Daerah (APBD) murni sekitar Rp 700 miliar. Ini belum keputusan final karena nanti ada mekanisme penyesuaian anggaran. Karena target  bisa berubah, berkurang atau bertambah tergantung kondisi yang ada.

“Alhamdulillah untuk PBB dan BPHTB secara akumulasi ada peningkatan dan itu peningkatannya secara akumulasi. penerimaan pajak tetap tumbuh dengan pertumbuhan  di atas 10 persen,” ucapnya.

Untuk lebih memudahkan wajib pajak, Dwi menjelaskan pembayaran PBB dapat dilakukan melalui Bank BJB, Kantor Pos di seluruh Indonesia, Indomaret, Alfamart atau di e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Link Aja, Gopay dan  OVO.

“Kami pun sudah melakukan testing akan bekerja sama dengan stakeholder terkait dengan channel tambahan yaitu Traveloka. Hal itu untuk terus memberikan kemudahan pembayaran untuk para wajib pajak,” kata Dwi.

Puas Dengan Program April Hoki

Sementara itu, Cahya Driyani, salah satu warga yang merasakan program April Hoki menuturkan bahwa program tersebut cukup membantu di masa pandemi ini.

“Dengan adanya program April Hoki ini, saya merasa dimudahkan karena saat membayar pajak tanpa dikenakan denda,” ujarnya.

Cahya juga mengajak wajib pajak lainnya untuk berperan aktif dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan serta BPHTB untuk pembangunan Kabupaten Tangerang.

“Dengan membayar pajak berarti kita telah berkontribusi langsung dengan membantu pemerintah dalam pembangunan Kabupaten Tangerang,” kata dia.(Feri/Say)

Tinggalkan Balasan