Berita  

Wakil Presiden Terpilih Uji Coba Program MBG di Kota Tangerang

Wakil Presiden Terpilih Uji Coba Program MBG di Kota Tangerang
Wakil Presiden RI terpilih, Gibran Rakabuming Raka saat menyaksikan uji coba program Makan Bergizi Gratis di Kota Tangerang (Foto : Istimewa)

Kota Tangerang, Semartara.News – Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka menggelar uji coba program Makan Bergizi Gratis ‘MBG’ di SDN 4 Sukasari, Kota Tangerang, Senin (5/8/2024).

Gibran tiba di SD 4 Sukasari sekira pukul 11:32 WIB disambut Pj Wali Kota Dr Nurdin, Kapolres Metro Tangerang, Dandim 0506 dan jajaran Dinas Pendidikan Kota Tangerang.

Selanjutnya, Gibran beserta menuju ruang kelas yang sudah siap melaksanakan makan siang guna menyaksikan penerapan program MBG dan respon siswa-siswi dalam uji coba tersebut.

Disela-sela pelaksanaan uji coba itu, Gibran sempatkan berbincang dengan para siswa, juga membagikan buku tulis.

Setelah itu, Gibran menjelaskan bahwa uji coba programnya bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto tersebut sudah dilakukan di Surabaya, Solo, dan Sentul.

“Hari ini di Kota Tangerang. SD dan SMP,” kata Gibran kepada awak media.

Lebih lanjut, Gibran mengungkapkan, program itu sudah ada masukan dari para ahli gizi. Selain itu, pihaknya juga mendapat masukan dari para aktivis lingkungan terkait kemasan.

Terlebih lagi, pihaknya mendapat usulan dari para wali murid dalam proses pemberian makanan bergizi untuk anak-anaknya.

“Kalau kemarin kan berbarengan. Ini atas usulan para orangtua, ahli gizi. Susunya diberikan jam istirahat pertama, ada jeda susu dan makan siang,” ujarnya.

“Nah kemasannya pakai bekel, bisa dicuci dan besok dibawa lagi. Jadi tidak ada plastik,” tambahnya.

Anggaran dan Menu Program MBG Bervariasi

Terkait anggaran program MBG, lanjut Gibran, setiap daerah memiliki biaya yang berbeda-beda begitupun variasi menu sesuai standar gizi nasional. Adapun menu saat uji coba tersebut, nasi, telor dadar, sayur capcay, tempe, dan buah melon.

“Untuk biaya Rp15 ribu. Tapi biaya di setiap daerah pasti berbeda. Intinya adalah kebutuhan nutrisi di setiap makanan terpenuhi,” tekan Gibran.

“Hari ini kita coba SD dan SMP, nanti kita coba lagi jenjang yang lebih tinggi. Intinya ini masih uji coba,” kata dia.

Gibran berharap uji coba program MBG ini berjalan lancar di setiap wilayah tanah air. Dia pun berjanji mendengarkan dan menerima masukan dari banyak pihak.

“Yang paling penting anak-anaknya seneng, budget semuanya siap,” tandas anak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Pejabat Wali Kota Tangerang

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Dr Nurdin menyampaikan uji coba makan bergizi siang gratis dilaksanakan di 36 sekolah se-Kota Tangerang, mulai tanggal 5-9 Agustus 2024.

“Hari ini bapak Wapres terpilih kami berkenan hadir secara langsung untuk bersama anak-anak kita untuk makan bergizi,” ucap Nurdin.

“Beliau melaksanakan sidak di sekolah makan siang gratis, SD-SMP dengan mengunjungi 27 kelas,” imbuhnya. (Kahfi/Red)

Tinggalkan Balasan