UMKM  

Sosialisasi Kemenkop UKM: Ananta Imbau UMKM di Banten Bentuk Koperasi

Sosialisasi Kemenkop UKM
Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana saat Sosialisasi LPDP Kemenkop UKM dengan tema 'Pendampingan Koperasi melalui Inkubator Wirausaha LPDP KUMKM di Provinsi Banten’, bertempat di Hotel Lemo Tangerang, Banten, Minggu (22/10/2023).

Tangerang, Semartara.News — Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana mengimbau para pelaku UMKM di Banten agar membentuk Lembaga Koperasi.

Dengan begitu, kata Ananta, pelaku UMKM akan mendapat pinjaman dari program Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (Kemenkop UKM).

Hal itu disampaikan Ananta saat Sosialisasi LPDP Kemenkop UKM dengan tema ‘Pendampingan Koperasi melalui Inkubator Wirausaha LPDP KUMKM di Provinsi Banten’, bertempat di Hotel Lemo Tangerang, Banten, Minggu (22/10/2023).

“Agar usaha berkembang dan mendapat sokong modal dari LPDP, UMKM perlu membentuk koperasi,” ungkap Ananta.

Ananta menjelaskan, koperasi merupakan sistem ekonomi murni bangsa Indonesia, yang bersifat kolektif dan gotong-royong.

Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana bersama pemateri dan peserta Sosialisasi LPDP Kemenkop UKM.

Dalam koperasi, lanjut Ananta, masyarakat mengumpulkan modal, memproduksi, hingga membagi keuntungan secara bersama-sama.

“Nanti, saya akan meminta LPDP agar memperhatikan koperasi-koperasi kecil atau yang baru terbentuk,” ujar politisi PDI Perjuangan yang identik mengenakan blangkon bermotif batik Suku Baduy.

Diakses Secara Digital

Menanggapi hal itu, Humas LPDB KUMKM, Pramdia Arhando menyampaikan, pihaknya siap membantu para pelaku UMKM yang baru membentuk koperasi agar mendapat program dana bergulir.

Menurut Pramdia, pengajuan pinjaman atau pembiayaan LPDP KUMKM dapat diakses secara digital.

Prosesnya pengajuan sudah mudah tidak perlu ke kantor, tinggal buka laman https://eproposal.lpdp.go.id.

“Kemudian lakukan pendaftaran, unggah dokumen, dan tinggal cek status,” jelasnya.

Selain itu, Pramdia mengungkapkan, penyerapan dana bergulir LPDP di wilayah Banten akan terus ditingkatkan.

“Kami siap meningkatkan penyaluran dana bergulir di Banten. Jadi, setelah ini kita bisa saling tukar nomor handphone agar ada penindakan lebih lanjut,” imbuhnya.

Pada sesi tanya jawab, sebagian peserta mengatakan sudah membentuk koperasi hanya tinggal menunggu legalitas.

Di akhir sosialisasi, Ananta Wahana memberikan bantuan pangan berupa paket sembako kepada peserta, yang merupakan pelaku UMKM. (TIM)

Tinggalkan Balasan