Ananta Wahana Sebut Demokrasi Pancasila Persatukan Bangsa

Demokrasi Pancasila
Ananta Wahana saat kegiatan Penyerapan Aspirasi Masyarakat MPR RI dengan tema 'Sistem Demokrasi Pancasila', bertempat di Kampung Bojong Manuk, Desa Sukamulya, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (11/10/2023).

Tangerang, Semartara.News — Anggota MPR RI, Ananta Wahana mengatakan bahwa demokrasi Pancasila berperan mempersatukan bangsa Indonesia.

Pasalnya, menurut Ananta, demokrasi Pancasila merupakan suatu sistem demokrasi yang didasarkan pada sila-sila Pancasila yang dianggap sebagai kesatuan yang utuh.

Ananta menyampaikan hal itu saat kegiatan Penyerapan Aspirasi Masyarakat MPR RI dengan tema ‘Sistem Demokrasi Pancasila’, bertempat di Kampung Bojong Manuk, Desa Sukamulya, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (11/10/2023).

“Penerapan demokrasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya agar tidak terjadi perpecahan yang dapat merugikan negara,” kata Ananta.

Dalam pandangannya Ananta menyebut, Pancasila memainkan peran penting dalam bidang politik, sosial, dan ekonomi serta dalam menyelesaikan masalah nasional melalui proses musyawarah untuk mencapai kesepakatan.

“Pancasila sebagai ideologi bangsa memiliki nilai-nilai yang dapat diaktualisasikan dalam kehidupan didasarkan pada ketuhanan serta kemanusiaan yang adil dan beradab” terangnya.

Selain itu, kata Ananta, masyarakat memiliki keterlibatan langsung dalam menentukan perwakilan atau pemimpinnya.

“Sistem Demokrasi Pancasila ini untuk kita bisa memilih pemimpin atau perwakilan rakyat yang baik” imbuh politisi PDI Perjuangan yang identik mengenakan blangkon bermotif batik Suku Baduy.

Nampak dalam kegiatan Penyerapan Aspirasi Masyarakat MPR RI itu, Ananta terlihat interaktif dengan para peserta.

Dan para peserta mendapatkan bantuan pangan berupa paket sermbako pada akhir kegiatan. (TIM)

Tinggalkan Balasan