Sosialisasi Kemendag: Ananta Sebut Pasar Tradisional Solusi Atasi Kesenjangan Gender di Banten

Sosialisasi Kemendag
Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana dalam Sosialisasi Kementerian Perdagangan dengan tema 'Sosialisasi Sarana Perdagangan dan Logistik' bertempat di Hotel Puri Kayana, Serang, Banten, Kamis (7/9/2023).

Serang, Semartara.News — Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana mengatakan pasar tradisional bisa menjadi solusi mengatasi kesenjangan antar gender di Banten dalam soal pendapatan.

Menurut Ananta, data terakhir di Banten untuk kota dan Kabupaten Serang terjadi kesenjangan pendapatan pribadi atau gaji antara laki-laki dan perempuan.

Di kota dan Kabupaten Serang itu sumbangan laki-laki mencapai 72-73 persen. Sementara perempuan hanya 26-27 persen.

Hal itu disampaikan Ananta Wahana dalam Sosialisasi Kementerian Perdagangan (Kemendag) dengan tema ‘Sosialisasi Sarana Perdagangan dan Logistik’ bertempat di Hotel Puri Kayana, Serang, Banten, Kamis (7/9/2023).

“Kendati demikian, 64,5 persen pelaku UMKM didominasi oleh perempuan. Dengan begitu, kesenjangan gender dapat dikurangi dengan cara membentuk pasar tradisional sebagai wadah UMKM,” ungkap Ananta.

sosialisasi kemendag
Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana bersama pemateri dan peserta Sosialisasi Kementerian Perdagangan.

Selain itu, sambung Ananta, pasar tradisional bisa mengembangkan produk dan mampu dijangkau oleh masyarakat luas lantaranharga pasar tradisional lebih murah daripada pasar modern.

“Sebagai contoh, harga beras di pasar tradisional Serang hanya berkisar Rp11-12 ribu per kg. Sementara di pasar modern harganya Rp17.650 ribu,” ujar politisi PDI Perjuangan yang identik mengenakan blangkon bermotif batik Suku Baduy.

“Jadi, secara tidak langsung Kemendag mengurangi angka kemiskinan sekaligus memberdayakan perempuan,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan