Berita  

Satgas Covid-19 Sulut dan Gubernur Olly Launching Program Vaksinasi Anak

Satgas Covid-19 Sulut dan Gubernur Olly Launching Program Vaksinasi Anak
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat meninjau Vaksinasi Covid-19 (Foto - HO/Pemprov Sulut)

Manado, Semartara.News – Satgas Covid-19 Sulut dan Gubernur Olly Dondokambey akan melakukan launching program vaksinasi anak dengan batas usia yang telah ditentukan.

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Sulut dalam keterangannya, Jumat (2/7/2021) menyampaikan, bahwa  mulai Senin (5/7) depan, program vaksinasi ini untuk penduduk dengan usiang 12 sampai 17 tahun.

Lebih Lanjut, program vaksinasi ini akan dilakukan langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey.

“Senin (5/7) di launching Pak Gubernur,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel.

Langkah ini diambil setelah ada informasi ilmiah terbaru, yaitu hasil penelitian merekomendasikan kelompok usia 12-17 tahun bisa menerima vaksin.

”Hasil penelitian awalnya vaksin untuk 18 tahun ke atas, belum untuk bisa disuntik 18 tahun ke bawah,” katanya.

Namun setelahnya, ada penelitian usia 12-17 tahun ternyata sudah bisa, untuk itu pemerintah mengambil langkah dalam pelaksanaan dan implementasi.

Vaksinasi Covid-19 dengan kategori usia 12 tahun ke bawah, menurut dr Steaven Dandel,masih dalam tahap penelitian.

“Bisa saja, karena vaksin masih diteliti,” ujarnya

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Sulut sudah mengeluarkan surat pemberitahuan untuk pelaksanaan vaksinasi covid -9 untuk anak usia 12-17 tahun. Pelaksanaan dimulai sejak 5 Juli, dilakukan serentak di 15 kabupaten dan kota.

Dalam keteranganya, dr Steaven Dandel mengatakan, hingga saat ini Satgas Covid-19 masih mendata jumlah penduduk usia 12-17 tahun.

Namun, untuk Kota Manado sebanyak 52.000 penduduk usia 12-17 tahun yang terdata akan menerima vaksin.

Untuk kebutuhan vaksin itu sendiri, dr Dandel mengatakan, masih tersedia hingga saat ini, nantinya juga akan ada pasokan vaksin dari pemerintah pusat yang rutin dikirimkan.

Vaksinasi mulai dilakukan pada penduduk dengan kategori usia 12-17 tahun karena semua kelompok umur tetap bisa terpapar Covid-19. (Herald)

Tinggalkan Balasan