BUMN  

Perum Damri Buka Trayek Tanjung Pandan-Membalong

Tanjung Pandan-Membalong
Perum Damri buka trayek Tanjung Pandan-Membalong Belitung (Foto - Antara)

Belitung, Semartara.News – Guna mempermudah akses transportasi umum untuk masyarakat yang hendak melakukan perjalanan reguler dan wisata, Perum Damri Cabang Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, buka trayek baru rute Tanjung Pandan-Membalong.

“Pembukaan rute baru memang permintaan dari masyarakat Kecamatan Membalong, karena memang daerah tersebut masih terisolasi terkait angkutan,” kata Manager Usaha Perum Damri Cabang Pangkal Pinang, Hendra Lela, di Tanjung Pandan, dikutip dari LKBN Antara, Jumat (8/1/2021).

Menurut dia, untuk melayani rute tersebut, pihaknya mengoperasikan dua unit shuttle bus berkapasitas 14 penumpang dengan tarif Rp20.000 untuk sekali perjalanan. “Tarifnya sangat murah dan terjangkau, karena, ini ada subsidi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, rute Tanjung Pandan-Membalong tersebut, akan melintasi sejumlah hotel-hotel yang ada di seputaran kota Tanjung Pandan, dilanjutkan menuju Membalong dengan titik akhir, adalah, kawasan pantai Teluk Gembira.

Selain sebagai sarana angkutan umum bagi masyarakat, armada tersebut juga diperuntukkan sebagai angkutan wisata bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Kecamatan Membalong. “Karena memang segmentasi dari pengoperasian bus tersebut, juga sebagai angkutan bagi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN),” imbuhnya.

Ia berharap, masyarakat dapat memanfaatkan kehadiran rute baru tersebut dengan sebaik mungkin bagi kemajuan perekonomian dan pariwisata.

“Ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat, jangan sampai sudah kami penuhi keinginannya terkait kebutuhan angkutan, namun jika tidak dimanfaatkan, mungkin akan ada pertimbangan oleh Kementerian, misalnya bisa dicabut,” pungkas Hendra.

Tinggalkan Balasan