Nonton Film Horor Ternyata Baik buat Kesehatan Mental Loh

Nonton Film Horor Ternyata Baik buat Kesehatan Mental
Menonton film horor dan menegangkan ternyata bisa membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Jadi, berbahagialah pecinta film horor/Foto : Istimewa

Jakarta, Semartara.News —Tak perlu takut menonton film horor dan menegangkan karena ternyata bisa membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Jadi, berbahagialah pecinta film horor.

Dalam sebuah wawancara untuk film dokumenter “Fear in the Dark” (1991), sutradara terkenal Wes Craven (“A Nightmare on Elm Street”, “Scream”) menyatakan film horor tidak menciptakan ketakutan, justru melepaskannya.

Menurutnya, keterlibatan dengan hal-hal yang membuat takut dapat menjadi bentuk katarsis sendiri.

Andrew Scahill, asisten profesor di departemen bahasa Inggris Universitas Colorado Denver di Amerika Serikat mengatakan pada usia 30-an ada banyak kecemasan tentang apa yang dikonsumsi orang dan apakah itu mengubah mereka, terutama anak-anak.

“Ada kekhawatiran tentang apa yang membuat orang tergoda oleh genre horor,” kata Scahill. “Kritik awal pada film datang dari tempat di mana film horor dipandang memungkinkan sadisme, pada dasarnya itu memberi daging dan tubuh pada fantasi yang seharusnya tidak diperkuat.”

Tetapi, karena film terus mempengaruhi budaya populer, para ilmuwan mulai mengubah pertimbangan tentang bagaimana film itu diterima.

Berikut alasan nonton film horor bisa melepaskan kecemasan dan membuat sehat mental, seperti dilansir dari Insider.

Membangun kekuatan jeritan

Awalnya kita anggap sebagai aktivitas pasif, kritikus dan akademisi memperhatikan fakta orang yang menonton film malah bertindak sebagai reseptor aktif terhadap materi yang tersajikan.

Dengan demikian, keterlibatan mereka dengan materi yang lebih gelap mungkin benar-benar berbicara tentang kebutuhan yang lebih dalam pada luar rangsangan permukaan.

Tinggalkan Balasan