Wisata  

Menikmati Wisata Religi Masjid Kubah 99 Sulawesi Selatan

Menikmati Wisata Religi Masjid Kubah 99 Sulawesi Selatan
Masjid Kubah 99, dekat dengan pantai losari berlokasi dekat tepi barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan tak henti jadi primadona warga/ Foto: Istimewa

Sulawesi Selatan, Semartara.News — Masjid Kubah 99, dekat dengan pantai losari berlokasi dekat tepi barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan tak henti jadi primadona warga untuk wisata religi sembari menikmati sepoi angin laut dan menikmati keindahan alam.

Mengunjungi tempat itu tak lengkap rasanya bila tak singgah.

Masjid ini memiliki pesona tersendiri. Sesuai namanya, masjid berukuran 72 x 45 meter itu mempunyai 99 kubah yang bakal menyita perhatian mata setiap pengunjung. Tempat ibadah umat Islam itu mampu menampung 13.075 jemaah.

Masjid Kubah 99 terbagi menjadi tiga area, yaitu ruang shalat utama dengan kapasitas 3.880 jemaah.

Ruang mezzanine dengan kapasitas 1.005 jemaah, dan area pelataran suci yang dapat menampung sekitar 8.190 jemaah.

Arti dari 99 Kubah Masjid

Mengenai jumlah kubah yang cukup banyak itu, konon merujuk pada 99 nama Allah atau Asmaul Husna.

Seperti yang diketahui bersama, Asmaul Husna ini merupakan nama-nama yang mencerminkan sifat-sifat Allah SWT.

Selanjutnya, tempat ibadah ini bangunannya berdiri pada lahan uruk alias reklamasi. Nama kawasannya Centre Poin of Indonesia (CPI) Makassar, sebuah tempat yang kita klaim sebagai titik tengah Indonesia dan tempat wisata religi.

Dan Juga, tempat ibadah ini yang mendesain adalah Ridwan Kamil. Mulai proses pembangunannya pada 1 Juni 2017 silam, dan saat itu Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo meresmikannya.

Membangun tempat ibadah ini menggunakan dengan dana sebesar Rp160 miliar yang dananya bersal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) provinsi setempat. (jack)

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan