Jenis Vaksin Covid-19 Ini Hanya Perlu 1 Dosis Suntikan ke Tubuh

Jenis Vaksin
Ilustrasi - Petugas medis menunjukkan vaksin Sinopharm di Sentra Vaksinasi Gotong Royong Perbanas, Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Sabtu (19/6/2021). (Foto - Antara)

Jakarta, Semartara.News – Beberapa jenis vaksin Covid-19 saat ini terus diberikan ke masyarakat serta  terus digencarkan oleh pemerintah, hingga ke seluruh pelosok wilayah di Indonesia.

Pemberian vaksin Covid-19 ini ke masyarakat, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19, serta membentuk kekebalan tubuh masyarakat secara berkelompok.

Bacaan Lainnya

Proses pemberian vaksin Covid-19 ke masyarakat itupun sejauh ini kita ketahui dilakukan sebanyak 2 dosis suntikan, bahkan 3 dosis untuk mereka yang masuk dalam kategori tenaga kesehatan.

Namun begitu, sebagaimana dilansir dari Indonesia baik, ternyata ada juga jenis vaksin Covid-19 yang hanya memerlukan 1 kali dosis suntikan.

  1. Vaksin Janssen

Indikasi penggunaan Janssen COVID-19 Vaccine  pada orang berusia 18 tahun ke atas, dengan pemberian sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 mL secara intramuscular.

Dalam hal efikasi, efikasi Janssen COVID-19 Vaccine untuk mencegah semua gejala (any symptom) COVID-19 adalah sebesar 67,2% dan efikasi untuk mencegah gejala COVID-19 sedang hingga berat (moderate to severe/critical) pada subjek di atas 18 tahun adalah sebesar 66,1%.

  1. Vaksin Convidecia

Untuk Vaksin Convidecia, efikasi vaksin untuk perlindungan pada semua gejala COVID-19 adalah sebesar 65,3% dan untuk perlindungan terhadap kasus COVID-19 berat adalah 90,1%.

  1. Vaksin Sputnik Light

Pemerintah Rusia telah mengesahkan versi Sputnik Light sekali pakai dari vaksin Covid-19 untuk digunakan. Dikembangkan oleh Gamaleya Institute Moskow, Sputnik Light terbukti 79,4 persen efektif ketika pertama kali mengantongi izin penggunaan pada Mei.

 

Pos terkait