Berita  

Gubernur Terima 1.500 Warga Baduy di Alun-alun Barat Serang

SEMARTARA, Serang – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) didampingi Sekda Banten Ranta Soeharta menerima kurang lebih 1500 Warga Baduy di Alun-alun Barat Serang, Sabtu, (21/4). Warga Baduy ini akan melaksankaan Seba pada Sabtu malam di halaman Museum Banten.

Dalam kesempatan itu WH mengucapkan selamat datang kepada warga Baduy di Provinsi Banten yang akan melaksanakan seba Sabtu malam.

“Warga baduy ini luar biasa, karena tetap mempertahankan tradisi, adat istiadat, lingkungan alam, dan memepertahankan harmonisasi dengan lingkungan masyarakatnya. Secara ekonomi, warga Baduy inipunya system sendiri, pertanian pun mempunyai caranya sendiri, sehingga tidak ada kegelisahan hidup di hatinya. Dan mereka adalah orang yang mempunyai tanggungjawab terhadap alam dan sekitarnya,” ujar WH.

WH juga mengungkapkan, Baduy ini unik dan antik; tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi para peniliti asing Amerika dan Inggris yang melakukan penilitian.

“Saya Gubernur yang disebut Bapak Gede berdo’a agar kalian (Warga Baduy) tetap mempertahankan tradisi,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, mengatakan, untuk menyambut warga Suku Baduy, beragam pertunjukan seni budaya akan ikut disuguhkan. Mulai dari tari-tarian, wayang golek, dan pemutaran film pariwisata dan hiburan dihadirkan.

Kadis Pariwisata menambahkan bahwa Banten memiliki 7 Wonders of Banten antara lain, Banten Lama, Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Sangiang, Suku Baduy, Pulau Umang, Gunung Krakatau, dan Rawadano. (Wid)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan