Berita  

Gemilang! Kerajinan Bambu Kabupaten Tangerang Masuk 4 Besar Nominasi Jaringan Kota Kreatif UNESCO 2025

Kerajinan Bambu Kabupaten Tangerang Masuk 4 Besar Nominasi Jaringan Kota Kreatif UNESCO 2025
Kerajinan Bambu Kabupaten Tangerang Masuk 4 Besar Nominasi Jaringan Kota Kreatif UNESCO 2025

Tangerang, Semartara.News Kabupaten Tangerang patut berbangga! Produk kerajinan bambunya berhasil menembus empat besar dalam usulan nominasi UNESCO Creative Cities Network (UCCN) Tahun 2025. Ini adalah langkah monumental yang diusulkan secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Ujang Sudiartono, menjelaskan bahwa program UCCN merupakan strategi Pemkab Tangerang untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif, khususnya kerajinan bambu yang menjadi kebanggaan daerah.

“Kerajinan bambu, seperti topi bambu, adalah salah satu ciri khas Kabupaten Tangerang yang kami perjuangkan untuk dikenal di level internasional,” ungkapnya saat rapat lanjutan di Ruang Rapat Wareng Gedung Bupati Tangerang, Senin (30/9/2024).

Selain Kabupaten Tangerang, tiga daerah lainnya yang juga berhasil lolos dalam empat besar adalah Kabupaten Ponorogo, Kota Malang, dan Kota Makassar. Saat ini, Pemkab Tangerang tengah mempersiapkan sejumlah berkas yang diperlukan dengan bantuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Kita sedang dalam proses seleksi tahap akhir, di mana kami harus mengumpulkan dan memperbaiki data yang diminta oleh panitia seleksi nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menyempurnakan dossier,” tambahnya.

Ujang berharap dukungan dari perangkat daerah dan masyarakat akan memberikan dorongan bagi Kabupaten Tangerang untuk bergabung dalam jaringan Kota Kreatif UNESCO Tahun 2025.

“Kami optimis dengan persiapan yang matang, Kabupaten Tangerang dapat memperkenalkan potensi kerajinannya ke kancah internasional,” tutupnya. (Sayuti)

Tinggalkan Balasan