Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila, Padepokan Karang Tumaritis Kibarkan Merah Putih

peringatan hari lahir pancasila
Sejumlah masyarakat dari berbagai elemen, seperti Pelajar, Mahasiswa, Kopdar Babinkamtibnas, Organisasi Sosial, Ibu PKK, hingga perwakilan kader PDI Perjuangan, mengikut upacara hari lahir Pancasila di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Selasa (1/6/2021). (Foto - Semartara News)

Tangerang, Semartara.News – Sejumlah masyarakat dari berbagai elemen, seperti Pelajar, Mahasiswa, Kopdar Babinkamtibnas, Organisasi Sosial, Ibu PKK, hingga perwakilan kader PDI Perjuangan, mengikut upacara peringatan hari lahir Pancasila di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Selasa (1/6/2021).

Upacara ini digelar oleh Anggota DPR RI dari Daerah Pilihan (Dapil) III Banten, ST Ananta Wahana. Politisi yang juga sekaligus pengasuh Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis tersebut, menandai acara Tahunan itu dengan pembacaan teks Pancasila, serta pengibaran Bendera Merah Putih yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya.

Ananta menuturkan, bahwa berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 24 Tahun 2016, 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila dan hari libur nasional. Keputusan tersebut, kata Kader Senior PDI Perjuangan itu, berdasar pada pidato sang Proklamator Kemerdekaan RI, Ir Soekarno di hadapan BPUPKI sebagai dasar negara.

“Hari ini kami menyelenggarakan upacara Hari Lahirnya yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, pelajar dan mahasiswa,” ujar Ananta Wahana dalam sambutannya.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila, terang Ananta, merupakan agenda tahunan. Oleh karena itu, ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut mensosialiasikan Kepres di atas, yang menjelaskan bahwa tanggal 1 Juni adalah Hari Lahir Pancasila, dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Tidak hanya itu, ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan yang nyata.

“Karena Pancasila telah ditetapkan sebagai ideologi negara, berarti Pancasila harus dijadikan pedoman oleh masyarakat Indonesia dalam menjalankan kehidupannya. Nilai-nilai yang terkandung dalam kelima asas Pancasila menjadi landasan masyarakat dalam bersosialisasi, kehidupan beragama, hak asasi manusia, dan bekerja sama,” terangnya.

Sebagai Kader PDI Perjuangan, yang notabene berideologi Pancasila, kata Ananta, seluruh DPC, Anggota Fraksi di DPRD hingga DPR RI, serta Badan dan Organisasi Sayap PDI Perjuangan melaksanakan Upacara itu sesuai dengan Perintah Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri. Selain itu, ia juga mengaku, bulan Juni yang juga disebut Bulan Bung Karno, dirinya sudah menggelar kursus Pancasila.

“Dan, hari ini, diinstruksikan serentak di seluruh Indonesia, kami menyelenggarakan Upacara Hari Lahirnya Pancasila,” katanya.

Selain upacara, pada serangkaian kegiatan ini, Ananta membagikan sejumlah paket sembako kepada para peserta.

Tinggalkan Balasan