Ananta Tanamkan Politik Berkeadaban Melalui Pencerahan Kepada Masyarakat

Foto: Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Ananta Wahana saat Memberikan Pencerahan dan Kesadaran Politik kepada Peserta.

SEMARTARA, Kota Tangerang (11/11) – Menghadapi tahun politik, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Ananta Wahana memberikan pencerahan politik yang berkeadaban kepada sejumlah elemen masyarakat di Komplek Puri Kartika, Balai Pertemuan Warga RW 06, Kelurahan Tajur, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Kegiatan diikuti ratusan peserta dari berbagai lapisan masyarakat dan golongan di wilayah sekitar lokasi pada Jumat malam (10/11). Adapun kegiatan bertujuan untuk menanamkan sejak dini kepada masyarakat, tentang politik berkeadaban agar tumbuh kesadaran dalam berpolitik.

“Kedatangan saya kali ini untuk memberikan pencerahan politik kepada masyarakat. Karena saya melihat bahwa tantangan terbesar kebangsaan kita itu yang pertama adalah fanatisme kedaerahan dan kedua kurang berjalannya penegakan hukum. Dua hal itulah yang menyebabkan masyarakat menjadi frustasi dan pragmatis,” ungkap Ananta Wahana kepada Semartara.com, usai acara.

Kedua hal tersebut, lanjut dia, akan secara otomatis berkaitan dengan masyarakat, karena jika masyarakat mengalami situasi yang frustasi dan pragmatis ketika memilih seorang pemimpin, maka akan menciptakan produk pemerintahan yang gagal.

“Sehingga saat ini saya turun untuk menyampaikan pencerahan dan kesadaran kepada masyarakat sebelum Pilkada atau Pileg berlangsung. Makanya yang saya bawa itu Holopis Kuntul Baris yang artinya gotong royong untuk membangun bersama. Kemudian saya juga menyampaikan mengenai Becik Ketitik Olo Ketoro yakni agar masyarakat bisa mendalami bahwa calon pemimpin itu seperti apa, apakah masuk golongan Becik yang artinya baik ataukah termasuk Olo yang artinya jahat,” terangnya.

Berdasarkan pencerahan tersebut, Ananta mengaku membawa pesan dari leluhurnya bernama Raden Mas Ronggo Warsito yang pernah meramalkan bahwa Indonesia akan dijajah seumur jagung.

“Karena pesan itu jugalah saya turun untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat agar tumbuh politik berkeadaban dalam diri kita semua,” imbuhnya.

Sementara Ketua RW 06 Kelurahan Tajur, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Parjiman mengatakan, pencerahan dan kesadaran dalam berpolitik menjadi sangat penting untuk masyarakat. Pasalnya, masyarakat bisa dengan mudah dibodohi politikus jika tidak mengenal politik.

“Seperti yang disampaikan pak Ananta kali ini tentang politik berkeadaban, ini sangat bermanfaat bagi kita. Apalagi sekarang hingga beberapa tahun kedepan merupakan tahun politik, kegiatan-kegiatan seperti inilah yang sangat dibutuhkan masyarakat. Terlebih lagi yang menyampaikannya Pak Ananta, tentu sangat logis, karena kita semua mengetahui beliau merupakan salah satu Caleg bersih se-Provinsi Banten,” tutupnya. (Helmi)

Tinggalkan Balasan