Ajak UMKM Naik Kelas, Hutama Karya Gelar Pelatihan Go Digital dan Literasi Keuangan di Rest Area Tol Terpeka

Ajak UMKM Naik Kelas, Hutama Karya Gelar Pelatihan Go Digital dan Literasi Keuangan di Rest Area Tol Terpeka
Ajak UMKM Naik Kelas, Hutama Karya Gelar Pelatihan Go Digital dan Literasi Keuangan di Rest Area Tol Terpeka

Sumatera, Semartara.NewsPT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) menggelar kegiatan pelatihan capacity building bagi UMK yang ada di Rest Area 215B Ruas TERPEKA Provinsi Lampung dengan tema “UMKM Berdaya, UMKM Naik Kelas”, dalam rangka implementasi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pada fokus bidang Pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMK).

Opening Ceremony dilakukan pada hari Senin (19/9) dan diikuti oleh 55 UMK yang mengisi tenant di Rest Area dimana sebagian besar jenis usahanya adalah usaha kuliner.

Turut hadir dalam agenda ini oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tulang Bawang Barat Khairul Amri, Branch Manager Ruas Tol Terpeka Yoni Satyo, VP TJSL Hutama Karya Agus Kosasih, dan BenihBaik.com.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas UMK akan dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 19 – 21 September 2022 di Rest Area 215B Ruas Terpeka dimana dalam implementasinya perusahaan menggandeng BenihBaik.com. 

“Selama tiga hari mendatang modul utama yang akan diajarkan dalam pelatihan ini adalah mengajak UMK untuk lebih paham mengenai pengelolaan keuangan usaha dan go digital dengan digital payment serta sosialisasi pentingnya sertifikasi halal dan higienitas produk. Materi tersebut disampaikan oleh pelatih profesional UMKM yang dihadirkan oleh BenihBaik.com,” ujar Tjahjo.

Lebih lanjut Tjahjo menyampaikan bahwa UMKM di Rest Area 215B Tol Terpeka ini memiliki peran yang cukup penting dalam Perkembangan ekonomi masyarakat di sekitar Jalan Tol Trans Sumatera. 

“Harapannya, pasca pelatihan ini selesai, seluruh UMKM di Rest Area dapat memiliki literasi yang lebih baik mengenai pengelolaan keuangan dan teknologi digital sehingga dapat mendukung transaksi digital di rest area kedepannya,” tutup Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan

Sementara itu Branch Manager Tol Terpeka Yoni Satyo mengungkapkan bahwa JTTS merupakan Proyek Strategis Nasional yang digadangkan dapat menciptakan kebangkitan perekonomian di Pulau Sumatera. 

Dengan adanya infrastruktur yang memadai dapat lebih mudah Hubungkan Kebaikan utamanya bagi UMKM untuk berkembang. 

“Untuk memperkuat UMKM, kami selalu berdayakan mereka agar dapat menjajakan produknya di Rest Area yang sudah disediakan. Rest Area sebagai pokok utama dari adanya jalan tol yaitu sebagai tempat istirahat dan pelayanan membuka peluang bagi masyarakat sekitar yang ingin mengembangkan usahanya, terlebih lagi mengingat trafik tol yang semakin meningkat,” pungkas Yoni Satyo, Branch Manager Tol Terpeka. 

Terpisah Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tulang Bawang Barat Khairul Amri mengapresiasi Hutama Karya yang turut andil dalam memberikan peluang peningkatan kapasitas bagi UMKM.

“Kepada para penerima manfaat, kami berpesan agar masing-masing dapat menyimak secara seksama materi yang akan disampaikan oleh narasumber dan dapat mengambil inti pembelajaran dari adanya pelatihan ini,” ujar Amri, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung.

Salah satu pemilik tenant di Rest Area, Ibu Umar menyatakan kegembiraannya atas pelatihan yang diselenggarakan oleh HK ini. 

“Lewat pelatihan ini kami jadi dapat mempelajari ilmu praktis yang bisa kami terapkan agar dapat meningkatkan omzet dan juga mempermudah proses transaksi,” ujar ibu Umar. (Adv)

Tinggalkan Balasan