Peringatan HUT RI, PDI Kota Tangerang Realisasikan Gagasan Jas Merah

SEMARTARA – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Tangerang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI)ke-74 dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Taruna, Tangerang. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa.  Selain diikuti oleh para pengurus DPC PDI Perjuangan kota Tangerang, acara ini juga mengundang Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), dan Pemuda Panca Marga (PPM).

Gatot Wibowo, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang, menyebutkan bahwa Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) turut dihadirkan di dalam kegiatan kali ini untuk menjalin silaturahmi dengan para pahlawan bangsa dan menjadikan mereka tauladan bagi para pemuda hari ini.

“Kami, para pengurus DPC PDI Perjuangan, sangat terinsipirasi dari ajaran Bung Karno, yaitu Jas Merah, Jangan sekali-sekali melupakan Sejarah. Ajaran Jas Merah selalu mengingatkan kami agar mengingat dan mengambil pembelajaran dari sejarah terdahulu. Oleh karena itu, kami mengundang para veteran dan berziarah di Taman Makam Pahlawan Taruna. Kami berharap para penerus bangsa dapat meneladani dan mengambil pembelajaran dari para pahlawan bangsa.” ungkap Gatot pada apel pagi, Sabtu, (17/8/2019).

Selain itu, Gatot menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun kesetiaan sekaligus kesadaran semua pihak tentang pentingnya menggelorakan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945.

“Cita-cita Proklamasi adalah mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Kesadaran tersebut harus terus bergelora di setiap diri kita.” jelasnya

Gatot juga mengingatkan tentang pentingnya menjaga persatuan sesama anak bangsa tanpa membeda-bedakan. Hal ini diperlukan untuk mempertahankan NKRI dan rasa Bhineka Tunggal ika di masyarakat.

“Tuhan Yang Maha Esa memberikan kepada kita kekayaan berupa keanekaragaman suku, agama, dan budaya. Maka persatuan di antara anak bangsa mutlak diperlukan agar cita-cita luhur tegaknya NKRI dan kebhinekaan dapat terus lestari di tengah masyarakat.” tambahnya.

Andri Permana menyampaikan bahwa para pengurus PDI Perjuangan akan melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke-74 di tiga lokasi berbeda.

“Solidaritas dan militansi kader PDI Perjuangan Kota Tangerang telah teruji. Selama satu hari, kader-kader PDI Perjuangan bergotong-royong untuk melaksanakan upacara di tiga lokasi yang berbeda, yaitu, Upacara (Dewan Pengurus Pusat) DPP DPC PDI Perjuangan di Jakarta, Upacara (Dewan Pengurus Daerah) DPD DPC PDI Perjuangan Provinsi Banten di Serang dan Upacara DPC DPC PDI Perjuangan di Kota Tangerang.” Jelas Andri.

Hesti Wulansari, mewakili PPM dan LVRI, menyebutkan bahwa PDI Perjuangan adalah partai politik pertama yang memberikan perhatian dan mengundang veteran ke dalam acara partai.

“Kami mengapresiasi besar kepada PDI Perjuangan karena telah memberi perhatian khusus kepada veteran. Ini adalah pertama kalinya sebuah partai politik mengundang para veteran.” ujar Hesti.

Sementara itu, Sajiran, perwakilan FKUB, menyampaikan kegiatan ini adalah komitmen PDI Perjuangan di dalam menjaga NKRI. Semangat persatuan mutlak dibutuhkan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang telah berkorban jiwa dan raga.

“Kegiatan PDI Perjuangan Kota Tangerang adalah momen memperingati jasa para pahlawan bangsa. Kegiatan ini perlu didukung oleh semua pihak untuk melestarikan cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia.” ungkap Sajiran.

Kegiatan ini diakhiri dengan prosesi tabur bunga di makam 48 pahlawan di Taman Makam Pahlawan Taruna. Selanjutnya kegiatan ini pun diakhiri dengan silaturahmi dan ramah tamah antara kader-kader PDI perjuangan Kota Tangerang dengan para tentara veteran. (Tio)

Tinggalkan Balasan