Calon Komisioner KPU Diminta Kuasai 3 Poin Ini

SEMARTARA, Tangerang – Tim Seleksi (Timsel) Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, melanjutkan tahapan tes wawancara dan tes kesehatan kepada para calon Komisioner KPU Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kabupaten Serang dan Kota Serang. Tes tersebut dilaksanakan di Hotel Novotel, jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Babakan, Tangerang.

Ketua Timsel Komisioner KPU Provinsi Banten, Suwaib Amiruddin mengatakan, setiap test atau setiap tahapan yang dilalui calon komisioner berdasarkan peraturan KPU RI.

“Untuk seluruh calon komisioner KPU, kita mulai test wawancara pukul 08.00 WIB. Peserta yang mengikuti tes hari ini (kemarin) masing – masing calon diberikan waktu 30 menit,” kata Suwaib kepada wartawan, Selasa (30/10).

Suwaib menjelaskan, peserta yang terdaftar dari awal pembukaan calon komisioner KPU, untuk Kabupaten dan Kota Serang ada sekitar 50 lebih peserta. Dan untuk Kota Tangerang sebanyak 35 lebih pendaftar.

“Namun dengan adanya tahapan-tahapan dan test yang dilakukan. Khusus untuk test wawancara yang dibarengi dengan test kesehatan, dari ketiga daerah tersebut, yang lulus dan mengikuti test hari ini hanya 25 peserta saja,” terangnya.

“Dari hasil wawancara ini akan melahirkan 10 peserta, yang mana nantinya 10 peserta tersebut akan dikirim ke KPU RI untuk di lakukan uji kepatutan dan uji kelayakan,” kata Suwaib menambahkan.

Dalam test ini, lanjut ia, ada 3 point yang menjadi tuntutan tim seleksi. Dan point itu mengenai masalah sistem politik, manegement kepemiluan dan mengenai peraturan per Undang-Undangan.

“Selain tiga point tersebut, makalah tentang kepribadian para calon juga di nilai yang mana kita nilai dari segi aspek apa yang mereka pernah lakukan dalam menghapai pemilu. Dan hasil tes hari ini akan diumumkan pada 7 November 2018 yang akan diserahkan kepada KPU langsung,” urainya.

Suwaib menambahkan, dengan tahapan-tahapan yang ada yang mana calon sudah menujukkan kelayakannya menjadi komisioner. Dirinya berharap yang terpilih menjadi komisioner sudah siap bekerja sepenuh hati.

“Mudah-mudahan yang kita hadirkan dari 10 besar itu, kedepannya mereka betul – betul menjadi calon anggota yang mempunyai integelitas yang sangat penting sekali bagi penyelenggara. Yang bisa menjaga kondusifitas dan netralitas dalam pesta demokrasi milik masyarakat,” pungkasnya. (Hel/T-Online)

Tinggalkan Balasan