Jokowi Berkunjung Sembari Belanja di Pasar Tradisional

SEMARTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Tradisional Kranggan yang berlokasi di Jalan Poncowinatan, Kelurahan Gowongan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta, pada Rabu (25/7).

Kunjungan Jokowi sontak mencuri perhatian para pengunjung serta pedagang di pasar tersebut. Uniknya, Presiden Jokowi sempat berbelanja beberapa kebutuhan yang diakuinya sulit didapat dari pasar modern.

“Saya tadi belanja yang memang di tempat lain (pasar modern) enggak ada. Misalnya emping mentah, kemudian tadi kecipir, kalau di mal enggak ada,” katanya kepada wartawan.

Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dengan berkeliling pasar sambil melakukan peninjauan revitalisasi pasar tersebut. Menurut Jokowi, pasar tradisional masih tetap menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk berbelanja.

“Kita lihat pagi seperti ini ibu-ibu masih banyak sekali yang belanja di pasar tradisional. Artinya pasar masih mempunyai kekuatan daya tarik, apalagi kalau ditata dengan baik, tidak becek, tidak bau, dan ada tempat parkir,” tuturnya.

Pasar Kranggan sendiri sebelumnya telah direvitalisasi pada akhir 2015 lalu. Presiden menyatakan bahwa proses revitalisasi pasar-pasar tradisional akan terus dilakukan oleh pemerintah.

“Kondisi pasar-pasar yang ada di daerah kelihatan sudah direhab, tapi tadi ada usulan dari Pak Kepala Dinas Pasar untuk pasar yang bukan di sini, tapi di Prawirotaman, itu Insya Allah akan kita kerjakan di 2019,” ujarnya.

Selama tiga setengah tahun belakangan ini, lanjut dia, jumlah pasar tradisional yang sudah direvitalisasi maupun dibangun mencapai kurang lebih 2.600 pasar. Dirinya menginginkan pasar-pasar tradisional yang ada di Indonesia tetap diminati oleh masyarakat sebagai lokasi belanja keperluan sehari-hari.

“Pasar yang kira-kira menjadi tujuan masyarakat dalam berbelanja semuanya harus rapi, ada tempat parkir, dalamnya tertata, tidak becek, dan tidak bau supaya bisa bersaing dengan pasar-pasar modern,” tandasnya.

Diketahui, kunjungan Jokowi dilanjutkan dengan menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa Tahun 2018 di Gedung Graha Pradipta, Jogja Expo Center (JEC), Kabupaten Bantul. (Tim)

Tinggalkan Balasan