Berita  

RPH Kota Tangerang Siap Tampung Hewan Kurban

RPH Kota Tangerang Siap Tampung Hewan Kurban
RPH Bayur, Periuk, Kota Tangerang, Banten.

Kota Tangerang, Semartara.News – Menjelang Hari Raya Idul, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Tangerang siap menampung hewan kurban.

Salah satunya, RPH Bayur, Periuk, Kota Tangerang, Banten, yang sudah berdiri sejak 1995.

Kepala Unit Pelaksana Teknik (UPT) RPH Bayur Sugeng Priyono mengatakan, pihaknya menyediakan fasilitas utama berupa kandang istirahat satu sampai tiga hari dan fasilitas tempat pemotongan.

“Untuk biayanya hanya Rp60 ribu per ekornya. Dengan rincian Rp10 ribu untuk kandang istirahat dan Rp50 ribu untuk ruang pemotongannya. Angka ini, dengan catatan tanpa tenaga kerja pemotongan,” kata Sugeng, Jumat (17/5/2024).

Lebih lanjut, Sugeng mengungkapkan, RPH Bayur memiliki kapasitas kandang untuk 300 hewan.

Sementara pemotongan, setiap hari RPH Bayur dapat menyembelih maksimal 80 hewan.

“Semua proses dilakukan dengan standar dan fasilitas yang laik dan berstandar, khususnya standar kebersihan yang sudah terjamin,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Muhdorun menjelaskan, pihaknya rutin melakukan pengawasan dan pemeriksaan pengelolaan setiap RHP.

“Tim DKP Kota Tangerang juga melakukan pengawasan agar proses kerja di RPH sesuai dengan aturan dan tak merugikan pihak lainnya. Terlebih, menjelang Idul Adha 2024 ini,” pungkasnya. (Kahfi)

Tinggalkan Balasan