DANA implementasi pembayaran kode QR lintas negara

DANA implementasi pembayaran kode QR lintas negara
DANA implementasi pembayaran kode QR lintas negara

Jakarta, Semartara.NewsPlatform keuangan digital DANA dipercaya oleh Bank Indonesia (BI) sebagai satu-satunya penyedia jasa pembayaran non bank pertama yang turut serta pada peluncuran implementasi pembayaran kode QR lintas negara.

Mengutip Antaranews.com, CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara mengatakan Implementasi ini selaras dengan visi DANA yang terus berkomitmen untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sebagaimana prioritas strategis pemerintah Indonesia dan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang disusun oleh Bank Indonesia

Standardisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code antar negara telah menjadi agenda prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022.

Kemudahan transaksi pembayaran lintas negara ini dimulai dengan resmi diimplementasikan oleh BI dan Bank of Thailand (BoT) dengan melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara. Interkoneksi QR Code antar Indonesia-Thailand ini diharapkan dapat menggerakkan transaksi lebih tinggi lagi dalam membantu pertumbuhan sektor pariwisata dan UMKM.

Selain sejalan dengan komitmen G20 untuk menciptakan standarisasi sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif. Inisiatif ini juga merupakan langkah nyata untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dalam memperkuat pemulihan ekonomi.

Tinggalkan Balasan