SMRC: Dukungan Ridwan Kamil sebagai calon presiden meningkat

Dukungan Ridwan Kamil sebagai calon presiden meningkat
Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar)

Bandung, Semartara.News – Hasil survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat dukungan publik terhadap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai calon presiden meningkat dalam kurun waktu 1,5 tahun terakhir ini.

“Dari hasil pengamatan dan sigi SMRC ada sejumlah calon yang mengalami kenaikan dan penurunan dukungan responden. Dalam 1,5 tahun terakhir, dari Maret 2021 hingga Agustus 2022. Dukungan kepada Ridwan Kamil meningkat, Sandi (Sandiaga Uno) melemah,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam keterangan tertulisnya diterima di Bandung, Senin.

SMRC kembali merilis hasil survei bursa calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam ajang Pilpres 2024. Nama Ridwan Kamil terus merangsek di antara tiga nama capres lain, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.​​​​​​​

Deni Irvani dalam keterangan hasil survei mengatakan pemilihan presiden hanya akan diikuti oleh beberapa calon. Namun, sejauh ini belum ada calon presiden yang definitif karena pendaftaran calon untuk Pilpres 2024 baru akan dilakukan pada Oktober-November 2023.

Ia mengatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo dalam simulasi semiterbuka naik dari 8,8 persen menjadi 25,2 persen, Anies Baswedan naik dari 11,2 persen menjadi 14,4 persen.

“Untuk Ridwan Kamil juga cenderung menguat dari 4,8 persen menjadi 6 persen. Prabowo cenderung menurun dari 20 persen menjadi 16,7 persen, sementara tokoh-tokoh lain tidak mengalami kemajuan berarti,” jelasnya.

Survei SMRC menunjukkan dalam format pertanyaan semi terbuka 43 nama, Ganjar Pranowo mendapat dukungan terbanyak 25,5 persen, disusul Prabowo 16,7 persen, Anies Baswedan 14,4 persen, Ridwan Kamil 6 persen, AHY 3,8 persen, dan nama-nama lain di bawah 3 persen serta yang belum tahu 15,1 persen.​​​​​​​

Ridwan Kamil yang kerap berdekatan hasil surveinya dengan Sandiaga Uno, kini dinilai lebih unggul.

Tinggalkan Balasan