Wisata  

Sate Bandeng dan Kesenian Tradisional Khas Banten Hadir di Pemeran Ekonomi Gotong Royong

SEMARTARA, Tangerang (14/12) – Sate bandeng, salah satu kuliner khas Banten akan hadir dalam acara Pameran Ekonomi Gotong Royong yang digelar oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Minggu (17/12) mendatang.

Pameran Ekonomi Gotong Royong ini merupakan rangkaian dari kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang digelar oleh PDI Perjuangan, yang akan dimulai pada Sabtu (16/12).

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Ananta Wahana menjelaskan, sate bandeng merupakan makanan khas Banten dan banyak ditemui di daerah Serang. Makanan olahan dari ikan bandeng ini diperkenalkan oleh juru masak kerajaan Banten pada abad ke 16 untuk menjamu para tamu kerajaan.

Karena ikan bandeng ini memiliki banyak duri sehingga menyulitkan saat dikonsumsi, kata Ananta, juru masak pada masa kerajaan tersebut menyajikan ikan bandeng dengan cara yang berbeda agar dapat dikonsumsi tanpa harus kesulitan saat di makan, sehingga terciptalah sate bandeng dan masih populer hingga sekarang.

“Sate bandeng ini merupakan kuliner khas Banten, dan akan ditampilkan dalam acara Pameran Ekonomi Gotong Royong. Selain kuliner khas Banten, berbagai kesenian dari Banten seperti debus, rampak bedug, dan tarian khas tradisional lainnya juga akan ditampilkan,” ujar Ananta Wahana kepada semartara.com, Kamis (14/12).

Ia juga mengungkapkan, berbagai kerajinan tangan juga akan dihadirkan dalam acara tersebut. Termasuk kerajinan tangan dari limbah atau barang bekas yang dibuat oleh masyarakat Kota Tangerang.

Untuk diketahui, sate bandeng Khas banten ini salah satu kuliner yang wajib untuk dinikmati. Rasa gurih daging bandeng yang diolah menggunakan santan kelapa yang dipadukan dengan sangrai biji ketumbar sungguh membuat Sate Bandeng Khas Banten ini semakin nikmat dan gurih di lidah penikmatnya. Sate Bandeng juga merupakan oleh-oleh khas Banten yang mudah didapatkan di outlet-outlet di daerah Serang dan sekitarnya. (Wid)

Baca juga:

  1. Jaga Kondusifitas, Tiga Pilar Gelar Rapat Koordinasi
  2. Menlu RI Galang Dukungan Eropa untuk Palestina
  3. Rakornas Tiga Pilar PDI Perjuangan Digelar di Tangerang

Tinggalkan Balasan