HUT PDI Perjuangan, Megawati Bercerita Tentang Mata Air Hingga Bunga Lotus

HUT PDI Perjuangan, Megawati Bercerita Tentang Mata Air Hingga Bunga Lotus
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri ( Foto – pdiperjuangan.id)

Jakarta, Semartara.News – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) merayakan HUT ke-48, tepat di tanggal 10 Januari 2021.

Sebagai Ketua Umum, Mbak Mega menyampaikan bahwa HUT PDI Perjuangan bertepatan dengan hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia, ini bukan sesuatu yang kebetulan.

“Sejak kecil, saya selalu diajarkan oleh Bung Karno untuk mencintai dan menjaga alam raya dan seisinya, untuk masa depan anak cuci kita. Saya juga diajarkan sebuah prinsip Tat Twam Asi (bahasa sansekerta) yang artinya, Aku adalah Kamu dan Kamu adalah Aku. Prinsip ini, bukan hanya mengatur hubungan antar sesama manusia, namun hubungan manusia dengan lingkungan, kata Mbak Mega panggilan akrab Presiden RI ke-V di dalam video HUT Ke-48 PDI Perjuangan, Minggu (10/1/2021)

Lanjut Megawati, Bung Karno juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas keindahan tanah air yang begitu kaya dengan keanekaragaman flora dan fauna. Semua karunia tersebut harus kita jaga.

Berangkat dari semangat Bung Karno pada kecintaanya terhadap lingkungan, HUT Partai kali ini, Megawati Soekarno Putri mencanangkan Gerakan Penghijauan dan Gerakan Membersihkan Sungai.

Ibu dari Prananda Prabowo dan Puan Maharani ini, memusatkan gerakan penghijauan di sungai Ciliwung, dengan tema “Cinta Ciliwung Bersih atau CCB”.

Megawati juga meminta, agar seluruh anggota dan kader partai melakukan hal yang sama. Yaitu, melakukan penghijaun sungai di daerah masing-masing dari hulu sampai hilir.

Megawati menegaskan, tujuan dari penghijauan ini adalah untuk menyelamatkan dan menjaga Mata Air. Mata Air adalah Sumber Kehidupan yang sangat berguna bagi umat manusia dan alam.

HUT partai kali ini memilih Bunga Lotus sebagai logo dari Gerakan penghijaun. Mbak Mega juga menceritakan makna dari Bunga Lotus, yakni memiliki makna yang sangat dalam. Bunga Lotus adalah bunga sejenis teratai, bunga ini hidup didalam lumpur. Namun, bunga ini mampu memberi keindahan yang luar biasa.

Selain indah, Bunga Lotus ini memiliki manfaat, dari bagian akar, biji hingga bunga dapat dimakan dan berguna bagi kesehatan manusia.

Seperti Bunga Lotus, Presiden Indonesia Ke-V ini memberi pesan agar seluruh elemen PDI Perjuangan dapat memberikan kegunaan dan sumbangsi perjuangannya untuk Rakyat, Bangsa dan Negara Indonesia, tegas Megawati.

Megawati juga berharap, apa yang dilakukan pada HUT ke-48 PDI Perjuangan saat ini, bisa menjadi inspirasi.

“Bahwa berpolitik bukan hanya An Sich (semata-mata) berpolitik, berpolitik juga menyentuh aspek kehidupan yang mendasar. Yakni, menjaga lingkungan hidup agar tetap asri dan lestari,” tutup Mbak Mega.

Tinggalkan Balasan