UMKM  

Paltform Market Insight Jadi Strategi Pemerintah Kembangkan UMKM

Ilustrasi - Perajin menata sajadah batik siap jual di Kelurahan Dermo, Kota Kediri, Jawa Timur

Jakarta, Semartara.News –Pemerintah berkomitmen mendorong kemajuan UMKM di Indonesia, karena UMKM merupakan salah satu inti ketahanan ekonomi di Indonesia.

Dilansir dari Antaranews.com, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM), saat ini sedang menyiapkan platform market insight bagi pelaku UMKM. Khususnya yang berorientasi ekspor.

“Sebetulnya kita sedang menyiapkan satu platform dashboard market insight bagi pelaku UMKM, baik itu UMKM di bidang business to consumer (B2C) maupun business to business (B2B) khususnya ekspor,” kata Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Fiki Satari dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Fiki mengatakan, market insight ini penting. Agar para pelaku UMKM memiliki pemahaman terlebih dahulu mengenai tren pasar dan sebagainya. Menurut Fiki, hal ini penting karena UMKM memiliki tantangan dalam hal keterbatasan dana riset.

“Kemudian terkait dengan sertifikasi, kita juga ingin membantu proses-proses jaminan mutu atau quality control dari produk-produk UMKM agar bisa masuk ke global value chain,” tambahnya.

Lalu, kemudahan perizinan sehingga SMESCO selain diposisikan sebagai center of excellence UMKM Indonesia, juga menjadi trading house.


Selain itu, Kemenkop UKM juga bekerja sama dengan para agregator. Fiki berharap, UMKM ini tidak langsung ekspor. Namun terdapat moderator, dalam hal ini aggregator. Yang melakukan deal bisnis dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan