Sambangi Lansia, Ananta Ikut Senam Jantung Sehat

SENAM JASMANI: Anggota DPR RI fraksi PDIP Ananta Wahana (belakang, kedua kiri ) mengikuti kegiatan senam posbindu lansia melati 7 di Perum Bumi Kelapa Dua, Sabtu (22/2/2020). Kunjungan dapil tersebut merupakan agenda rutin Ananta di Tangerang Raya. (Irfan Farhani)

SEMARTARA – Tua adalah keniscayaan, tapi produktif di usia lanjut adalah sebuah pilihan. Serupa yang dilakukan sekelompok lansia di Posbindu Melati 7 yang menyibukkan diri dengan beragam kegiatan produktif. Anggota DPR RI, Ananta berkesempatan berdiskusi dengan kelompok ini dalam Agenda rutinnya, Kunjungan Dapil (Kundapil), Sabtu (22/2/2020).

Pagi di Jalan Raya , Perumahan Bumi Kelapa Dua, Tangerang kesibukan nampak dilakukan sekelompok lansia. Gerimis rintik tak menghalangi mereka beraktifitas di pagi buta. Berseragam putih-merah, kelompok ini memulai paginya dengan senam jasmani.

Pemandangan itu rutin terjadi tiap pekan. Seperti kesaksian Ananta, kelompok yang tergabung dalam Posbindu Lansia Melati 7 ini memang terkenal produktif, tak hanya di lingkungan, Melati 7 bahkan beberapa kali menyabet juara Posbindu Lansia di Provinsi Banten.

Ananta yang juga warga lingkungan sekitar menyempatkan diri ikut dalam barisan senam. Usai senam, ia mengucapkan terimakasih kepada Posbindu Lansia Melati 7 atas dukungannya di pemilihan legislatif lalu.

“Terimakasih atas doa bapak dan ibu. Dengan biaya yang sangat murah, berkat bapak dan ibu saya diantarkan ke Senayan. Saya tetap tinggal di sini, meski disediakan rumah dinas di Jakarta. Saya cinta kelapa dua,” ujarnya.

Ananta mengapresiasi keaktifan posbindu ini dalam pemberdayaan lansia. Menurut Ananta, posbindu penting dirawat dan dibina agar tetap eksis. Terlebih posbindu yang produktif.

Ananta atau akrab disapa AW berdiskusi dengan sejumlah kader Posbindu Melati 7 di Perum Bumi Kelapa Dua Tangerang.

“Jangan sampai perkumpulan sosial seperti ini defisit. Sifatnya konstruktif malah nombok, kan jangan. Ini tanggungjawab negara,” tegasnya.

Anggota komisi 6 yang bermitra dengan BUMN ini mengaku dalam waktu dekat bakal menyalurkan dana pembinaan dari mitra kerjanya. Bantuan berupa dana tunai ini, sambungnya, diberikan sebagai penunjang kegiatan posbindu.

Selain dana bantuan, Ananta juga menawarkan bantuan ambulan pada posbindu yang berlokasi di Perumahan Bumi Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang ini. Bantuan itu, akunya, bakal diupayakan dari mitra kerjanya di Komisi 6 DPR RI.

Kepala Posbindu Lansia Melati 7, Lili Pujiastuti menerangkan, terdapat 13 program kegiatan tiap bulannya di Posbindu ini. Tidak kurang dari 70 lansia 50 hingga 70 tahun berkegiatan dibantu 13 kader.

“Apa yang diberikan kepada kami, itu akan dikelola dengan baik. Akan kami pertanggungjawabkan,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan