Berita  

Senator Asal Madura Ini Yakin Gubernur Jawa Timur Tak Langgar Prokes

Gubernur Jawa Timur
Foto Dok - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal dapil Jatim, Ahmad Nawardi. (Foto - Antara/Fiqih Arfani)

Surabaya, Semartara.News – Acara ulang tahun Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, yang digelar di Gedung Grahadi, Surabaya beberapa waktu kemarin, diyakini tidak melanggar protokol kesehatan. Adalah Ahmad Nawardi, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, yang mengatakan itu.

Ia tidak yakin, bahwa sebagai Gubernur, Khofifah abat terhadap protokol kesehatan. Selain itu dengan permintaan maaf dan berlapang dada, kata Nawardi, merupakan sikap yang luar biasa dari seorang pemimpin. “Saya tidak yakin gubernur sampai mengabaikan protokol kesehatan. Sebagai pemimpin, beliau juga sudah meminta maaf dan berlapang dada. Itu sudah luar biasa,” ujarnya dikutip dari LKBN Antara, Rabu (26/5/2021).

Nawardi meminta, agar polemik dan kegaduhan yang terjadi beberapa hari terakhir ini tak perlu diperpanjang. Sebab, hal itu didasari bahwa sejak awal pandemi COVID-19 hingga sekarang, orang nomor satu di Jawa Timur tersebut, selalu mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, di manapun berada.

Senator asal Madura itu mengajak publik menyudahi polemik, dan harus mendukung langkah-langkah Pemprov dalam menerapkan protokol kesehatan, menjaga kesehatan, serta memulihkan ekonomi di Jatim akibat dampak dari COVID-19. Sedangkan, terkait sejumlah elemen masyarakat yang melaporkan Khofifah ke Polda Jatim soal dugaan pelanggaran protokol kesehatan, menurut Nawardi itu hak sebagai warga negara.

“Kita serahkan ke aparat. Tapi Polda Jatim pasti memahami, mana laporan yang bisa ditindaklanjuti dan tidak. Saya yakin gubernur sudah menjalankan protokol kesehatan,” tutur anggota DPD RI dua periode tersebut.

Sebelumnya, video suasana ulang tahun berdurasi kurang dari semenit viral di jejaring media sosial sejak Kamis (20/5/2021). Video itu disebut suasana acara ulang tahun Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak di halaman rumah dinas, yang lokasinya satu kompleks dengan Gedung Negara Grahadi, di Surabaya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah menyampaikan klarifikasi tertulis, dan Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono juga telah menceritakan detail sejak awal kegiatan.

Kemudian, Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menjelaskan, bahwa pejabat di lingkungan Pemprov setempat telah sepakat untuk menghadapi perkara dugaan kerumunan di Gedung Grahadi ini dengan segala kerendahan hati dan menghormati proses hukum.

Tinggalkan Balasan