Berita  

Penuhi Standar Keselamatan Kolam Renang, Citra Raya Water World Gelar Sertifikasi Life Guard

SEMARTARA, Tangerang (6/10) – Sebagai upaya memberikan keamanan kepada para pengunjung Citra Raya Water World (kolam renang dan wahana permainan air), Tangerang, pihak pengelola melakukan sertifikasi Life Guard. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, sejak Senin 2 Oktober hingga Selasa 3 Oktober 2017, di Water World Citra Raya, Tangerang.

Koordinator Citra Raya Water World, Herry Surjapranata menjelaskan, dalam kegiatan ini, pihaknya mendatangkan narasumber dan trainer dari Jakarta Rescue. Dipilihnya Jakarta Resceu ini sebagai narasumber dan trainer, karena sudah memenuhu standar Nasional.

Jakarta Recue sendiri adalah lembaga non pemerintah yang merupakan International Search and Recue Advosory Gruop (INSARAG) United Nation, sekaligus anggota International Assosation og Emergency (IAEM), dan penerima penghargaan medali dari Multi National Planning Aughmentation (MPAT).

Selain itu, Jakarta Recue juga sebagai anggota International Life Saving Society Australia (ILS), dan Australia Profesional Ocean Lifeguard Assosiation (APOLA).

Dijelaskannya, tugas Life Guard sendiri adalah harus mampu mencegah terjadinya kecelakaan di kolam renang dan sekitarnya; mampu melakukan penyelamatan di air; serta mampu memberikan pertolongan pertama.

Untuk itu, menjadi seorang Life Guard ini harus memiliki ketrampilan khusus, dan memiliki setandar sertifikasi. Kualifikasi umum menjadi seorang Life Guard sendiri diantaranya adalah; mampu berenang 50 meter dalam waktu maksimal 1 menit; mempu berenang 200 meter terus menerus gaya bebas dan dada; mampu berenang 200meter “guard tube/torpedo” dalam waktu 30detik; mampu menyelam ke dalam kolam dengan kaki masuk terlebih dahulu dan menemukan batu bata seberat 1-2 kg, serta naik ke permukaan dengan total waktu 2 menit tanpa menggunakan tangan; memahami pertolongan pertama (first aid) dan Resusitasi Jantung Paru (CPR); serta memiliki sikap bertanggungjawab, fisik sehat dan berkemampuan medis.

“Untuk Citra Raya Water World sendiri, kita sudah memiliki Life Guard yang berstandar sertifikasi,” ujar Herry Surjapratama kepada lensapena.id, Jumat 6 Oktober 2017.

Ia juga mengungkapkan, saat ini pihaknya memiliki 19 orang Life Guard. Ke-19 Life Guar tersebut tersebar di setiap lokasi kawasan Water World, seperti kolam olympic, wahana ombak, kolam arus, dan kolam anak.

“Citra Raya Water World selalu mengedepankan kenyamanan, serta keselamatan para pengunjung. Untuk itu, sertifikasi terhadap Life Guard ini menjadi sangat penting,” katanya. (Wid)

Baca juga:

  1. Secepatnya Kadin Kabupaten Tangerang Bersinergi dengan Pemkab
  2. Kelapa Dua Menjadi Tempat Penilaian Toga di Wilayah Tangerang
  3. KPP Pratama Cikupa Optimis Mencapai Target di Tahun 2017

Tinggalkan Balasan