Pendaftaran SNMPTN Resmi Dibuka Hari ini

Jakarta, Semartaranews – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) resmi dibuka pada hari ini dan akan berlangsung hingga 28 Februari 2022.

SNMPTN merupakan jalur bagi siswa kelas 12 yang ingin menjadi mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Sebagaimana melansir dari CNN Indonesia, terdapat sejumlah syarat peserta yang bisa mengikuti SNMPTN, di antaranya sudah mempunyai akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), siswa masuk dalam kuota, hingga terdaftar di Portal Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Registrasi akun LTMPT bagi siswa dimulai sejak 10 Januari hingga 15 Februari 2022. Dilanjutkan dengan penetapan siswa yang memenuhi syarat (eligible) oleh sekolah mulai 4 Januari-8 Februari 2022. Sementara pengisian PDSS dimulai sejak 8 Januari-8 Februari 2022.

Hasil SNMPTN 2022 akan diumumkan pada 29 Maret 2022. Bagi siswa yang tidak diterima dapat mencoba jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk masuk PTN.

Informasi resmi tentang SNMPTN 2022 dapat dilihat melalui laman https://www.ltmpt.ac.id.

Manajer SNMPTN 2022, Riza Satria Perdana, menuturkan tahapan-tahapan pengisian SNMPTN yang terdiri dari pengisian pilihan PTN dan program studi, pengisian portofolio, prestasi, dan finalisasi.

“Saya sarankan untuk para siswa yang mengisi untuk membaca panduan yang sudah kami siapkan, panduan ada di situs LTMPT di bagian unduhan. Di situ ada petunjuk pengisian pendaftaran SNMPTN,” ujar Riza dalam webinar ‘Sosialisasi Mekanisme Pendaftaran SNMPTN 2022’ yang ditayangkan di Youtube LTMPT Official, Minggu (13/2). (CNNIndonesia

Tinggalkan Balasan