Masih Terbuka Lebar Menjadi Pemenang, Liga Champions Tiadakan Aturan Gol Tandang

Masih Terbuka Lebar Menjadi Pemenang, Liga Champions Tiadakan Aturan Gol Tandang
Liga Champions, Babak 16, Tiadakan peraturan gol tandang Liga Champions, Chelsea

Jakarta, Semartara.News – Sebagaimana pada musim-musim sebelumnya dalam perhetan sepakbola terbesar eropa yakni Liga Champions masih memakai aturan gol tandang perbedaan pun terasa saat fase gugur Liga Champions musim ini tidak menggunakan peraturan gol tandang. Artinya, tiga laga babak 16 besar Liga Champions: PSG vs Real Madrid, Salzburg vs Bayern Munchen, dan Inter Milan vs Liverpool masih sangat terbuka lebar.

UEFA memutuskan untuk menghapus peraturan gol tandang di Liga Champions musim ini, termasuk di Liga Europa dan Conference League. Ini adalah kali pertama sejak 1965 peraturan gol tandang tidak digunakan di kompetisi Eropa.

Di antara empat pertandingan 16 besar Liga Champions yang sudah dilalui, hanya duel Manchester City melawan Sporting Lisbon yang hampir pasti sudah ‘selesai’. Man City menang 5-0 atas Sporting saat bertandang ke Lisbon.

Sementara tiga laga lainnya memiliki hasil PSG 1-0 Real Madrid, Salzburg 1-1 Bayern dan Inter Milan 0-2 Liverpool. Jika melihat peraturan Liga Champions musim ini, ketiga pertandingan itu masih terbuka lebar.

Jika peraturan gol tandang masih digunakan maka Bayern cukup bermain imbang tanpa gol atau 0-0 pada leg kedua. Pasalnya Die Roten unggul produktivitas gol tandang di markas Salzburg setelah bermain imbang 1-1 di leg pertama. Tanpa peraturan gol tandang, maka salah satu dari Salzburg dan Bayern harus menang di leg kedua untuk lolos ke perempat final.

Begitu juga dengan PSG vs Madrid. Jika PSG mampu mencuri satu gol di Santiago Bernabeu pada leg kedua, maka Madrid tidak akan otomatis kalah jika skor berakhir 2-1 untuk Los Blancos hingga 90 menit pertandingan.

Jika pertandingan imbang secara agregat hingga 90 menit leg kedua, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan 2×15 menit babak tambahan. Jika masih imbang maka adu penalti akan digunakan.

“Dengan keputusan untuk menghapus peraturan ini, laga ketika dua tim mencetak jumlah gol yang sama dalam dua leg tidak akan lagi diputuskan oleh banyaknya jumlah gol tandang, namun lewat babak tambahan usai.”

“Bila kedua tim kembali mencetak jumlah gol yang sama atau tidak mencetak gol di perpanjangan waktu, tendangan penalti akan menentukan tim mana yang akan lolos ke babak selanjutnya di kompetisi ini,” tulis UEFA dalam keterangan resmi.

Berikut Hasil Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions :

PSG 1-0 Real Madrid

Sporting 0-5 Manchester City

Inter Milan 0-2 Liverpool

Salzburg 1-1 Bayern Munchen

Dan sementara itu dalam babak perempat final ini masih menyisakan 6 laga lagi sebelum leg-2 berlangsung bulan Maret nanti yakni, Villareal vs Juventus, Manchester United vs Atletico Madrid, Benfica vs Ajax Amsterdam dan jawara Liga Champions musim 2020-2021 Chelsea FC yang akan di tantang salah satu kampiun Liga Prancis musim lalu pada (24/22) mendatang. 

 

Tinggalkan Balasan