Keren!!! Gubernur Olly Terima Tukkot Tunggal Panaluan Dari Lembaga Adat Suku Batak

Tukkot Tunggal Panaluan
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, menerima Tukkot Tunggal Panaluan berupa tongkat dan pedang dari Lembaga Adat Dalihan Na Tolu, Senin (1/11/2021). (Foto - Semartara News/HO-Sulut Prov)

Tapanuli Utara, Semartara.News – Dalam sela-sela kunjungannya ke Tapanuli Utara guna menghadiri Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, menerima Tukkot Tunggal Panaluan berupa tongkat dan pedang dari Lembaga Adat Dalihan Na Tolu, Senin (1/11/2021).

Oleh lembaga adat suku Batak tersebut, Gubernur Olly yang juga merupakan Ketua Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa (FK-PKB) PGI, dinilai layak dan pantas menerima Tukkot Tunggal Panaluan tersebut sebagai bentuk penghargaan atas kinerja dalam memimpin Sulawesi Utara.

Olly dinilai telah menjadi pemimpin besar yang sukses membuat Bumi Nyiur Melambai menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak prestasi di berbagai sektor, yang dibuktikan lewat keberhasilan Sulut meraih sejumlah penghargaan di tingkat nasional.

Gubernur Olly kemudian didoakan secara bersama agar nantinya mampu merangkul, mengayomi serta memperhatikan seluruh masyarakat Indonesia, termasuk daerah Tapanuli Utara.

Usai prosesi penyerahan Tukkot Tunggal Panaluan, Gubernur Olly dalam kesempatannya menyampaikan apresiasi serta rasa terimakasih atas penyambutan dan penghargaan yang telah diberikan kepadanya.

“Terima kasih atas sambutannya dan penghargaan. Kalau dilihat, ini bukan lagi sebagai FK-PKB PGI. Ini sudah seperti pakaian lengkap para raja-raja. Sekali lagi terima kasih, semoga Tuhan selalu menyertai kita,” ujarnya.

Diketahui, Tungkot Tunggal Panaluan merupakan warisan budaya yang dimanfaatkan serta dilestarikan secara turun-temurun oleh masyarakat suku Batak. Adapun tongkat tersebut dibuat dari kayu pohon trengguli wanggang yang dipercaya oleh masyarakat Batak memiliki daya mistis.

Selanjutnya, Gubernur Olly bersama rombongan kemudian dijamu makan bersama Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan serta unsur Forkopimda lainnya.

Turut hadir mendampingi Gubernur, Ketua PGI Gulmar Gultom, Ketua BPMS GMIM Pdt. Hein Arina, Bupati Minahasa Royke Roring, Walikota Bitung Maurits Mantiri, serta sejumlah pendeta.

Tinggalkan Balasan