Berita  

Direktur Karang Tumaritis Institute Ajak UMKM di Tangerang Menuju Era Industri 4.0

Direktur Karang Tumaritis Institute Ajak UMKM di Tangerang Menuju Era Industri 4 0
Direktur Karang Tumaritis Institute Abraham Garuda Laksono tengah menyampaikan materi pada Sosialisasi Peraturan/Kebijakan Bagi UMKM di Aula Serba Guna Sport Club Citra Raya, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (13/08/2022).

Tangerang, Semartara.News — Direktur Karang Tumaritis Institute Abraham Garuda Laksono mengajak UMKM di Tangerang, Banten, menuju era industri 4.0.

Abraham menyampaikan hal tersebut saat acara Sosialisasi Peraturan/Kebijakan Bagi UMKM di Aula Serba Guna Sport Club Citra Raya, Kabupaten Tangerang, Banten yang di fasilitasi oleh Asisten Deputi Fasilitasi Hukum dan Konsumsi Usaha Deputi Bidang Usaha Mikro Koperasi Kemenkopukm, Sabtu (13/08/2022).

“Era industri 4.0 atau industri digital bukan hanya tentang membuat aplikasi atau mengonlinekan sebuah bisnis. Tapi tentang bagaimana branding dan marketing,” ungkapnya.

Abraham mengatakan, dengan branding pelaku UMKM dapat menarik konsumen dan dan dengan marketing mendorong konsumen untuk membeli produk.

“Jadi kita dapat menarik respon konsumen dimulai dari branding dan di lanjutkan dengan marketing untuk terjadi pembelian,” ujarnya.

Para peserta kegiatan sosialisasi menerima bantuan paket sembako CSR Bank Mandiri melalui Karang Tumaritis Institute.

Tips menjadi UMKM 4.0

Kemudian Abraham juga memberikan tips bagi pelaku UMKM agar dapat menjadi UMKM 4.0
Pertama pelaku usaha harus mengenali usaha dan target pasar usaha.

Kedua menciptakan branding dan marketing yang unik menarik serta relevan.

Lalu konsisten dan aktif di media online juga engagement dengan calon konsumen. Kolaborasi dengan orang lain, gunakan alat untuk menganalisa usaha.

“Dan bagaimana membuat konsumen bahwa membutuhkan barang atau jasa yang ditawarkan relevan,” kata lulusan James Cook University Singapura itu.

Tinggalkan Balasan