Wisata  

DPAD Kota Tangerang Bangun Pojok Baca di Taman Tematik

SEMARTARA, Kota Tangerang (23/5) – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang telah membangun dua perpustakaan mini di taman tematik yakni Taman Pisang dan Taman Kunci. Upaya tersebut dalam rangka memasyarakatkan minat membaca.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perpustakaan DPAD Kota Tangerang, Acep Suhardiman mengatakan, upaya meningkatkan minat baca kepada masyarakat, pihaknya membangun perpustakaan mini di taman-taman tematik wilayah Kota Tangerang.

“Rencananya akan disediakan di seluruh taman tematik. Saat ini sudah ada dua unit yang akan uji coba di letakkan di Taman Pisang dan Taman Kunci,” kata Acep.

Menurut dia, keberadaan perpustakaan mini juga bertujuan untuk menumbuhkan budaya membaca masyarakat terutama pengunjung taman. Sehingga tak hanya rekreasi namun turut menambah wawasan dan pengetahuan.

“Ini semua agar pengunjung dapat menyempatkan baca buku di taman, jangan hanya main handphone saja,” tuturnya.

Ia menjelaskan, bangunan perpustakaan mini berukuran kotak sekitar 4 x 2,5 meter dengan nilai anggaran 90 juta itu nantinya akan diisi berbagai buku mulai dari buku anak-anak, Novel dan lainnya.

“Bukunya campur dan untuk semua kalangan, Jadi tidak semua buku ilmiah,” ujarnya.

Lanjutnya, dua perpustakaan mini tersebut akan diluncurkan pada bulan Oktober mendatang. Sebab, saat ini pihaknya masih menunggu pengadaan buku-buku pada anggaran belanja perubahan tahun 2018.

“Programnya dimulai tahun ini. 2017 nanti sudah ujicoba di kantor DPAD. Kalau yang dua ini dinilai cukup perlu dan antusias masyarakat besar, maka akan dibuat di seluruh taman,” pungkasnya. (Helmi)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan