Berita  

Dishub Siapkan 2.000 Bangku untuk Mudik Gratis

ILUSTRASI

SEMARTARA, Tangerang – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang akan memberangkatkan sekitar 2.000 warga yang akan mudik ke beberapa kota di Pulau Jawa secara gratis. Untuk mengakomudir 2.000 warga yang akan mudik tersebut, Dishub telah menyiapkan 10 unit bus milik pemerintah daerah, dan akan ditambah busa sewa.

Kepala Dishub Kabupaten Tangerang, Bambang Mardi menjelaskan, dari kouta tersebut, saat ini tinggal beberapa puluh saja yang masih kosong, yaitu untuk tujuan Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan beberapa kota di Jawa Barat.

“Kami sediakan 10 bus milik pemerintah daerah dan nantinya ditambah dengan bus sewa bila memang tidak mencukupi,” katanya.

Pendaftaran mudik gratis ini sendiri, kata Bambang, sudah dibuka sejak 2 bulan menjelang Ramadhan. Pendaftaran dilakukan di Kantor Dishub Kabupaten Tangerang, di wilayah Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang. Warga yang ingin mendaftarkan mudik gratis ini, cukup menunjukkan e-KTP Kabupaten Tangerang.

Rencana pemberangkatan bus untuk mudik gratis ini adalah 10 Juni 2018, disesuaikan dengan program serupa Kemenhub di Jakarta. Dengan titik kumpul Pusat Perkantoran Pemkab Tangerang di Tigaraksa.

Untuk rute tujuan ke Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Tegal, Purwokerto dan Solo (Jawa Tengah) akan melalui jalur Utara. Sedangkan pemudik dengan tujuan Sleman, Bantul, Gunung Kidul dan Kulonprogo melalui jalur selatan. Namun untuk tujuan ini, seluruh penumpang akan diturunkan pada satu titik, yaitu Kota Yogyakarta.

Bambang menambahkan, untuk pemudik dengan tujuan Cirebon, Kuningan, Majelengka melewati jalur utara dapat turun di Kota Cirebon dan lokasi yang sudah ditunjuk. Begitu pula dengan pemudik tujuan Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dapat turun di terminal yang ada pada kota tersebut melalui jalur Selatan.

Mengingat rute perjalanan yang cukup jauh, sebelum pemberangkatan, terlebih dahulu pihak Dishub Kabupaten Tangerang akan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan atau bus yang akan digunakan. (Wid)

Tinggalkan Balasan