Umum  

Indeks Literasi Minat Baca Masyarakat di Kota Tangerang Sangat Rendah

Festival literasi Jalbya Kota Tangerang di Mall Atrium Tangcity Kota Tangerang Banten
Festival literasi Jalbya Kota Tangerang di Mall Atrium Tangcity, Kota Tangerang, Banten.

Kota Tangerang, Semartara.News – Kota Tangerang memiliki indeks literasi minat baca yang sangat rendah, yaitu hanya 5,2 persen.

Jumlah itu berdasarkan data yang dikumpulkan Dinas Perpustakaan dan Aset Daerah (DPAD) Kota Tangerang dari berbagai indikator.

Kepala bidang (Kabid) Perpustakaan DPAD Kota Tangerang, Asep Rahmat menyampaikan, pihaknya telah mendapatkan laporan minat baca mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Menengah Pertama (SMP), Menengah Atas (SMA), hingga perguruan tinggi di Kota Tangerang. 

Selain itu, lanjut Asep, pihaknya menerima laporan dari setiap perpustakaan khusus dan umum, yang berada di wilayah Kota Tangerang. 

“Hasilnya, pada tahun ini, 2022 sekitar 5,2 persen,” kata Asep, saat ditemui di Festival Literasi ‘Jalbya’ di Mall Atrium Tangcity, Kota Tangerang, Banten, pada Rabu (15/2/23).

Sebelum pandemi Covid-19, lanjut Asep, indeks literasi minat baca di Kota Tangerang sekitar 6,2 persen. Artinya, tambah dia, minat baca terjadi penurunan pada tahun 2022. 

“Ada penurunan, karena, kan, pandemi, orang nggak boleh berkerumun, keluar ke mana-mana. Tadiannya, kan, 6,2 persen di tahun 2021,” jelas Asep.

Tinggalkan Balasan