Berita  

ANTARA Bangun Kompleks Jurnalistik Modern

Kompleks Jurnalistik Modern
Gedung bersejarah Kantor Berita Nasional ANTARA di Jl. Antara Pasar Baru, tempat berita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia disiarkan ke seluruh dunia.

Jakarta, Semartara.NewsPerum LKBN ANTARA akan membangun sebuah kompleks jurnalistik modern di kawasan bersejarah Pasar Baru, Jakarta Pusat, yang diharapkan dapat menjadi wajah jurnalisme perjuangan dan wadah komunitas dalam mewarnai perkembangan dunia jurnalistik Indonesia

Ground breaking akan dilakukan pada 13 Desember 2022, bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-85 Kantor Berita ANTARA,” kata Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat, di Jakarta, Minggu, terkait rencana perpindahan kantor pusat Perum LKBN ANTARA dari Wisma ANTARA ke Kompleks Pasar Baru.

Perum LKBN ANTARA didirikan pada 13 Desember 1937 oleh empat sekawan yaitu Adam Malik, AM Sipahoetar, Soemanang, dan Pandoe Kartawigoena, sebagai sarana menyuarakan perlawanan dan perjuangan melawan penjajah.

Pemikiran modern dan visioner dari empat sekawan itu saat mendirikan ANTARA menjadi inspirasi dari desain kompleks jurnalistik modern tersebut, yang merupakan revitalisasi gedung bersejarah dari Perum LKBN ANTARA yang terletak di Jalan Antara, Pasar Baru, lokasi di mana 77 tahun lalu berita “Indonesia Merdeka” diselinapkan untuk disiarkan markonis ke seluruh penjuru oleh wartawan ANTARA.

“Perum LKBN ANTARA ‘kundur’ dengan membangun ikon baru yang mencerminkan transformasi sebuah kantor berita abad 21,” kata Meidyatama.

Ia menambahkan, ikon baru itu juga diharapkan menegaskan marwah pengabdian untuk Indonesia yang sudah ditunjukkan ANTARA bahkan sejak sebelum berdirinya Republik.

Tinggalkan Balasan